Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pantai Panjang Masih Polemik

[caption id="attachment_8883" align="alignleft" width="300"](Sumber foto: Bengkulutoday.com) (Sumber foto: Bengkulutoday.com)[/caption]

BENGKULU, PB - Buruknya pengelolaan pantai panjang menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengunjung. Dudo Kurnia, warga Padang Jati yang sering meluangkan waktunya melihat sanset dikalah petang di Pantai Panjang mengeluhkan keamanan pantai.

"Panta Panjang ini aset wisata daerah, tapi tidak ada pengamanan pantai, seperti rambu bahaya dan beberapa kali kejadian pengunjung tenggelam dan meninggal dunia," kata alumnus Universitas Muhammadiyah Bengkulu tersebut.

Selama ini diketahui bahwa pengelolaan aset Pantai Panjang telah diserahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Namun saat ditanya mengenai hal tersebut Plt Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Sumardi tidak bisa memberi penjelasan.

"Saya belum dapat info dari Gubernur terkait perkembangan pengelolaan Pantai Panjang, ini kami juga masih menunggu," imbuhnya.

Selama ini pengelolaan pantai panjang masih menjadi polemik antara Pemrov Bengkulu dengan Pemkot Bengkulu. Pasalnya, hak pengelolaan aset pantai tersebut selalu tarik ulur.

Menanggapi hal tersebut, pengamat Kebijakan Publik, Hardiansyah mengatakan agar tidak ada saling lempar tanggung jawab mengenai aset pengelolaan Pantai Panjang maka perlu adanya aturan yang mengikat dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

"Bila tetap dengan dua pengelolaan antara kota dan Provinsi, maka harus ada tugas pokok dan fungdi masing-masing yang jelas dan harus ada aturan tetap yang mengikat seperti peraturan daerah," katanya kepada Pedoman Bengkulu.

Lanjutnya, polemik pengelolaan pantai panjang di Bengkulu akan berimplikasi pada buruknya pelayanan publik di Pantai Panjang. "Destinasi Pantai Panjang dikelola oleh Pemerintah Provinsi dan pemerintah kota Bengkulu, polemik dua pengelola ini harus diselesaikan," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kota Bengkulu dan DPRD Kota Bengkulu tengah merampungkan naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengelolaan Pariwisata, dimana Pantai Panjang menjadi salah satu objek wisata di Kota Bengkulu. [MS]