Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dempo Xler Edukasi dan Ajak Mahasiswa Pilih Pemimpin Berkualitas

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler mengajak mahasiswa memilih calon legislatif (Caleg) yang berkulitas di pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan saat menjadi narasumber diskusi publik Himpunan Mahasiswa (Hima) PPKn Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), di Gedung Ahmad Dahlan lantai 6 UMB Kampus IV Senin 18 Oktober 2023.

"Memilih pemimpin jangan karena  keluarga, jangan pula karena satu daerah dan lainnya apalagi karena baliho. Tetapi pilih lah pemimpin karena kualitas dan orang yang memiliki kemampuan, kerena ketika orang yang kita pilih tidak menjalankan tanggungjawab tentu kita juga yang malu," kata Dempo.

Dalam diskusi publik ini, Dempo juga mengatakan, pemilih pemula bukan ah menjadi objek dalam Pemilu tetapi harus menjadi elemen penentu pemimpin bangsa kedepan.

"Pemilih pemula bukan lah orang yang tidak mengerti politik, tetapi pemilih pemula harus memilih pemimpin yang berkualitas. Jadi selama ini jangan selalu menganggap pemilih pemula orang yang tidak tau apa apa," terangnya.

Dempo juga menyinggung terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal syarat usia Capres dan Cawapres. Kata Dempo, yang berhak menetapkan aturan tentang syarat Capres dan Cawapres adalah DPR karena lembaga DPR adalah orang yang mewakili seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

"Saya bukan setuju tidak setuju tetapi kenapa MK yang menentukan usia capres dan cawapres karena usulan dari seseorang. Seharusnya ya DPR karena mewakili seluruh rakyat Indonesia," ujar Dempo. 

Diskusi publik dengan tema edukasi politik pemilih pemula pada pemilihan umum 2024 ini, diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UMB. Mahasiswa yang mengikuti diskusi publik ini sangat antusias dalam sesi tanya jawab.

Sementara itu, salah satu peserta Sella Salsabila mengaku banyak mendapatkan informasi dari diskusi publik terutama pemaparan yang disampaikan Dempo Xler tentang bagaimana memilih pemimpin dan wakil rakyat di Pemilu 2024 mendatang.

"Saya sangat berterima kasih dengan diadakannya diskusi publik ini dan informasi yang disampaikan oleh Bapak Dempo Xler sangat membantu kami sebagai mahasiswa untuk nantinya cerdas dalam memilih calon pemipin dan calon legislatif," kata Sella.