Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia BKKBN Sasar 26.475 Peserta KB

PedomanBengkulu.com, Bengkulu -  Hari Kontrasepsi Sedunia jatuh setiap 26 September. Pada tahun ini, BKKBN Bengkulu memperingatinya dengan menggaungkan KB melalui talkshow serta melaksanakan Pekan Pelayanan KB serentak yang dimulai hari ini 26 September hingga 4 Oktober 2023 yang berlangsung di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. 

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu M. Iqbal Apriansyah, S.H., M.P.H menyebutkan target pelayanan KB kontrasepsi jangka panjang pada peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun ini   sebanyak 26.475 peserta KB. 

Hal itu bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan KB kepada masyarakat yang sulit mendapatkan pelayanan di pelosok desa.

Untuk memberikan kemudahan kepada PUS dalam ber-KB, BKKBN telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk bersama sama dengan bidan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam menyasar target tersebut pelayanan KB melibatkan sebanyak 223 Fasyankes yang diantaranya terdapat Fasyankes TNI AD yang ada di Provinsi Bengkulu," ujar Iqbal. 

"Kita (BKKBN) bekerjasama dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten / kota dan TNI AD untuk memberikan pelayanan kontrasepsi pada puncak peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2023".

Dilain sisi, Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto saat meninjau pekan pelayanan KB gratis yang berlangsung di Puskesmas Induk (PKM) Kelurahan Rimbo Kedui, Kecamatan Seluma Selatan, mengajak masyarakat di daerah itu untuk mengikuti program KB yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan pasangan usia subur (PUS) dan kualitas program KB. 

"Gunakanlah kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi kesehatan sehingga perlu adanya konsultasi dengan tenaga kesehatan dalam memilih jenis kontrasepsi. Sebaiknya gunakan kontrasepsi jangka panjang untuk menghindari kehamilan dan kelahiran yang tidak diinginkan," ajak Wabup. 

Dikesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Rimbo Kedui Deti Maryani kepada pewarta menyampaikan, pelayanan KB pada moment peringatan hari kontrasepsi berlangsung hingga 4 Oktober 2023 dan akan melayani berbagai jenis kontrasepsi. 

Namun pihaknya bersama penyuluh KB tetap mengedukasi masyarakat untuk menggunakan metode jangka panjang seperti implan, Medis Operatif Wanita (MOW), Medis Operatif Pria (MOP) dan Intera Uterine Device (IUD). 

Kepala DP3APPKB Kabupaten Seluma Suardi, S.H ditempat yang sama menambahkan pelayanan KB dalam rangka hari kontrasepsi di Kabupaten Seluma melibatkan sebanyak 24 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang tersebar di 14 kecamatan.

Dikatakan Suardi, untuk meningkatkan hasil pelayanan KB  pihaknya melibatkan sebanyak 18 petugas penyuluh KB yang tersebar di 202 desa. Melalui peran petugas KB di daerah itu diharapkan dapat melibatkan peran kader untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal. Sehingga pelayanan sepekan hari kontrasepsi dapat menyasar target yang telah ditetapkan sebanyak 1.899 akseptor, kata Suardi.[Rls]