Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Hajah Leni Apresiasi Tabut: Patut Didukung dan Dilestarikan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Perayaaan Festival Tabut 2023 telah dijadwalkan akan dimulai pada tanggal hari Selasa 18 Juli atau tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah. Sebagaimana biasa, festival tahunan ini akan diawali dengan kegiatan mengambil tanah dan diakhiri dengan kegiatan Tabut Tebuang.

Pembina Bundo Kanduang Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief mengatakan, Festival Tabut selain mengandung nilai-nilai sejarah dan sosial, juga mengandung pesan-pesan keagamaan yang sarat akan nilai-nilai moral, baik tentang kehidupan maupun kematian.

"Tabut mengingatkan manusia agar tidak menghalalkan segala cara untuk meraih kekuasaan. Bahwa manusia semua berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah. Tidak ada yang patut dibanggakan dan disombongkan karena semua hakikatnya adalah milik Allah subhanahu wata'ala," kata Hj Leni Haryati John Latief.

Lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Bengkulu ini menjelaskan, Festival Tabut yang berlangsung pada tanggal 1 hingga 10 Muharram setiap tahunnya telah menjadi kegiatan tahunan milik seluruh warga Bengkulu, bukan hanya milik kalangan para pejabat atau keluarga tabut.

"Berbagai permainan rakyat, atraksi dhol yang telah mendunia, penampilan berbagai jenis seni budaya termasuk tarian tradisional milik masyarakat Bengkulu akan ditampilkan dalam Festival Tabut. Ini keren dan patut didukung serta dilestarikan," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bengkulu periode jabatan 2008-2012 ini menekankan, selain baik untuk kelestarian seni dan budaya, Festival Tabut juga jelas-jelas mengandung kebaikan untuk meningkatkan perekonomian daerah.

"Ada pasar rakyat di dalamnya, ada pameran ekonomi kreatif, bahkan tahun ini ada gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia. Festival Tabut ini adalah salah satu persembahan terbaik dari Bengkulu untuk Indonesia," demikian tandas Hj Leni Haryati John Latief.

Data terhimpun, pada tahun 2023 ini, Tim Panitia Pelaksana Festival Tabut, Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) dan Pemerintah Provinsi Bengkulu telah berkomitmen akan melaksanakan Festival Tabut 2023 lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. 

Direncanakan, pembukaan perayaan festival ini akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta mengundang tamu dari negara lainnya. Sejak tanggal 18 sampai dengan 28 Juli 2023 kegiatan akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu. (Muhammad Qolbi)