Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital, Ini yang Harus Dilakukan!

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Menjelajahi dunia digital kini sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari. Mata kita harus terbiasa untuk menatap layar gawai baik untuk kebutuhan pekerjaan atau sekadar mencari hiburan. Namun seperti yang Anda ketahui, memandang layar gawai terlalu lama dapat menimbulkan digital eye strain atau computer vision syndrome (CVS). 

Karenanya, kita perlu menjaga kesehatan mata untuk mencegah CVS. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan: 

1. Hindari pantulan cahaya dari layar

Layar perangkat dapat memantulkan cahaya yang menyilaukan dan kurang baik bagi mata, baik dari sinar matahari ataupun lampu. Sebaiknya kita memposisikan perangkat tidak menghadap langsung ke sumber cahaya. Jika tidak memungkinkan, atur pencahayaan ruangan dengan memasang kerai pada jendela atau mengurangi watt lampu. Sebagai langkah terakhir, kita juga dapat menggunakan lapisan pelindung layar yang bersifat mengurangi pantulan (anti-glare).

2. Atur layar

Anda juga bisa mengatur setting-anvisual yang ada di gadget anda terlebih dahulu dengan cara :

- Kecerahan (brightness) dan kontras (contrast) layar dengan kondisi pencahayaan ruangan hingga terasa nyaman di mata. Layar sebaiknya tidak jauh lebih terang atau lebih gelap dibandingkan dengan kondisi ruangan.

Pilih ukuran huruf yang cukup besar untuk dapat kita baca dengan jelas.

- Jangan menggunakan wallpaper dengan motif rumit yang dapat menyulitkan mata untuk fokus pada konten utama. Untuk konten berupa teks yang panjang, tulisan berwarna hitam di atas latar belakang putih polos biasanya menjadi kombinasi paling nyaman untuk dibaca.

3. Jaga jarak dan posisi antara layar dengan mata 

Ketika membeli perangkat digital termasuk televisi, seringkali orang beranggapan the bigger the better. Padahal, layar yang lebih besar membutuhkan jarak pandang yang lebih lebar pula. Pastikan jarak antara layar dan mata tidak terlalu dekat. Layar komputer idealnya berjarak sekitar sepanjang lengan dari mata kita, dengan pusat layar sedikit berada di bawah mata

4. Istirahatkan mata secara berkala

Salah satu tips yang dapat kita gunakan untuk mencegah mata lelah adalah mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, lihatlah benda sejauh 20 kaki (±6 meter) selama 20 detik. Selain itu ada beberapa software dan aplikasi yang dapat dipasang di perangkat untuk mengingatkan kita secara periodik untuk beristirahat seperti Workrave (Windows/Linux) atau Eye Care (Android).

5. Berkedip lebih sering

Berkedip dapat menjaga kelembaban mata karena gerakan ini menyebarkan air mata secara merata ke permukaan mata.  Sehingga mencegah agar mata kita tidak kering saat menggunakan perangkat digital dalam jangka waktu lama .

Tidak hanya orang dewasa yang dapat mengalami gangguan CVS. Anak-anak yang sering menggunakan laptop atau tablet pun juga dapat mengalaminya. Oleh karena itu, pastikan 5 poin di atas dapat Anda dan keluarga terapkan.

Penting  juga untuk memperhatikan dan cek kesehatan mata Anda secara rutin dan konsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, dan zinc. Seperti wortel, bayam, brokoli, kacang, ikan tuna, salmon, dan telur.[Red]