Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mau Aman Saat Mobil Menanjak? Kenali Fungsi Hill Hold Control

PedomanBengkulu.com, Jakarta - Membawa mobil di jalanan menanjak seringkali menimbulkan kekhawatiran kendaraan yang dimiliki tidak kuat menanjak atau menimbulkan kemacetan hingga kecelakaan. Menjawab kebutuhan tersebut, maka penting untuk Anda melengkapi kendaraan dengan Hill Hold Control.

Fitur Hill Hold Control atau disebut juga Hill-Start Assist hadir untuk membantu mobil tetap berhenti saat mengemudi di jalan menanjak. Fitur satu ini penting dimiliki, terutama bagi pengemudi yang sering melewati jalur tanjakan, dapat membantu memulai kembali kendaraannya di tanjakan dengan lebih mudah dan mengurangi risiko kecelakaan. 

Menghentikan mobil selama beberapa detik setelah melepaskan rem, fitur ini membantu pengemudi memiliki waktu memindahkan kaki ke pedal gas tanpa khawatir mobil akan mundur. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir kendaraan akan tergelincir ke belakang saat mobil dalam posisi menanjak. 

Karena itu, Lifepal sebagai salah satu marketplace insurance terdepan di Tanah Air, mengungkapkan beberapa alasan mengapa Hill Hold Control penting dimiliki. 

Berikut penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, Co-Founder sekaligus CMO Lifepal.co.id dalam press release yang dikirimkan ke media ini, Selasa (21/2): 

Kelebihan dan Kekurangan Hill Hold Control

Membantu pengemudi saat memulai kembali kendaraannya saat berada di tanjakan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan HHC:

Kelebihan Hill Hold Control: 

1. Menghindari mobil mundur ke belakang 

Kelebihan pertama dari HHC yaitu dapat membantu mencegah mobil bergeser ke belakang saat pengemudi melepas rem ketika berada di tanjakan. Fitur ini membantu pengemudi memindahkan kaki dari rem ke gas tanpa khawatir mobil mundur ke belakang.

2. Meningkatkan kemampuan pengemudi

Dengan fitur HHC, pengemudi yang masih kurang mahir membawa kendaraannya di posisi tanjakan dapat lebih percaya diri dan nyaman.

3. Mengurangi risiko kecelakaan

Pengemudi dapat lebih mudah mengontrol kendaraannya saat memulai kembali berada di tanjakan. Pasalnya, fitur pengaman satu ini dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan karena kendaraan mundur ke belakang.

Kekurangan Hill Hold Control

1. Fitur HHC termasuk dalam biaya tambahan

HHC merupakan fitur tambahan pada mobil. Dengan begitu, dapat membuat biaya pembelian kendaraan lebih mahal.

2. Kesalahan sistem

Pada beberapa kasus, HHC dapat melakukan kesalahan deteksi yang menyebabkan mobil tidak bisa berjalan.

3. Mengurangi pengalaman mengemudi

Pemakaian HHC dapat mengurangi pengalaman pengemudi saat berada di posisi tanjakan. Fitur ini bisa membantu pengemudi ketika menanjak di jalanan terjal dan sempit, karena pengendara tidak perlu lagi memakai teknik kopling gas yang sulit dan berisiko saat kembali menyalakan kendaraannya di tanjakan jalan. 

Fitur ini sangat membantu terutama bagi pengemudi yang masih kurang mahir mengemudi di jalanan menanjak. Meski dibantu fitur HHC, Anda harus tetap mengikuti aturan keselamatan berkendara dan memperhatikan kondisi jalan serta memiliki keterampilan mengemudi yang baik.

Fitur HHC Tak Hanya Dominasi Mobil Rp200 Juta Saja

Fitur Hill Hold Control saat ini sudah tersedia di berbagai brand mobil yang tersebar di pasaran. Terutama, mobil dengan transmisi otomatis atau CVT. 

Adapun beberapa merek mobil seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Mazda, Hyundai hingga Kia menawarkan fitur pengaman satu ini untuk beberapa jenis kendaraan lansiran mereka.

Tak hanya didominasi kendaraan dengan harga Rp200 jutaan saja, fitur Hill Hold Control juga dimiliki beberapa mobil dengan harga di bawah Rp200 juta seperti Suzuki Ignis dan Baleno, Honda Brio, dan Kia Picanto. Meski begitu, ada pula beberapa kendaraan di bawah Rp200 juta yang tidak memiliki fitur satu ini, terutama mobil bekas atau mobil dengan transmisi manual. 

Lengkapi dengan Perlindungan Kendaraan Terbaik 

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, Anda selaku pemilik kendaraan tak hanya harus memeriksa spesifikasi mobil, dan memilih kendaraan dengan fitur keamanan memadai, tetapi juga penting untuk memberikan perlindungan terbaik. Yaitu, dengan asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil merupakan produk proteksi kendaraan yang menjamin kerugian, kerusakan, hingga kehilangan akibat terjadinya risiko yang menimpa mobil Anda. Tak hanya menanggung risiko yang terjadi pada kendaraan sendiri, tetapi juga yang melibatkan pihak lain.

Dengan begitu, jika tengah berada di jalanan menanjak atau jalanan terjal lainnya, Anda bisa tetap merasa aman karena memiliki produk proteksi satu ini. 

Selain mengandalkan fitur pengaman dan memiliki proteksi kendaraan, Anda selaku pengemudi tetap perlu memperhatikan kondisi jalan, kecepatan, dan keterampilan mengemudi untuk menghindari kecelakaan atau bahaya lain.[Rls]