Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dukung Hutan untuk Kesejahteraan Masyarakat Bengkulu

Senator Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Pemerintah daerah di Bengkulu terus berupaya melakukan optimalisasi pemanfaatan ribuan hektar hutan bagi kesejahteraan masyarakat dan investasi sebagaimana yang telah disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) sejak 2019 lalu. 

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, usulan perubahan kawasan hutan Bengkulu untuk kesejahteraan masyarakat, investasi dan pembangunan daerah patut diapresiasi dan diberikan dukungan yang diperlukan.

"Mari sama-sama kita dukung dan sukseskan. Berikan syarat-syarat yang diperlukan. Selama ini kehutanan menjadi salah satu sektor dengan tingkat kemiskinan paling tinggi, banyak masyarakatnya mengalami tekanan ekonomi, tahun 2023 ini harus diubah," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Jumat (13/1/2023).

Putri srikandi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief ini menjelaskan, upaya pengelolaan hutan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat jangan sampai bersifat eksploitatif, namun berkelanjutan dengan memastikan lingkungan tetap lestari.

"Gali potensi wisatanya kalau ada, jaga kelestarian hutannya, hindari semua risiko yang membuat hutan rusak, baik secara langsung ataupun tidak langsung, pelajari dengan teliti, jangan sampai menimbulkan keburukan jangka panjang," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini menekankan, fenomena adanya daerah yang kehilangan tutupan hutan sehingga mendorong terjadinya peningkatan konflik manusia dengan satwa liar dan seringnya terjadi banjir harus menjadi catatan yang harus diperhatikan.

"DPD akan bantu pemerintah daerah baik dengan cara menyampaikan langsung perkara ini kepada menteri yang bersangkutan maupun dalam bentuk perbaikan regulasi dan kebijakan. Perlu kolaborasi untuk kebaikan Bengkulu," papar Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Penasehat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Bengkulu ini menambahkan, pengelolaan hutan bersama belum tentu akan berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan apalagi bila dilakukan tidak secara terpadu dan kurang inovatif.

"Pengelolaan hutan untuk kesejahteraan masyarakat jangan sampai justru membuat proses pemanasan global meningkat, fungsi hutan sebagai penyerap karbon malah hilang. Kegiatan ini harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]