Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

ANBK di SMPN 25 Kaur, Selesai dengan Perjuangan


PedomanBengkulu.com, Kaur - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP di Kabupaten Kaur berlangsung dari tanggal 19-22 September 2022. Kegiatan dibagi dalam Gelombang 1 dan Gelombang 2. Masing-masing gelombang Asesmen mengerjakan 2 (dua) mata ujian, yaitu Literasi dan Survey Karakter hari pertama, dan Numerasi dan Survey Lingkungan hari kedua.

Pelaksanaan di SMPN 25 Kaur, Desa Trijaya dilakukan secara mandiri dengan moda online, namun karena keterbatasan jaringan internet kegiatan ditempatkan di SMPN 5 Kaur, Kecamatan Maje.

Menurut Kepala Sekolah Thoha. S.Pd, ANBK tahun 2022 dilaksanakan untuk peserta didik kelas VIII (delapan) seyogyanya diikuti sebanyak 10 peserta, namun 1 orang tidak dapat mengikuti dengan alasan tidak naik kelas.

"Kami melaksanakan ANBK secara mandiri, tetapi tempat pelaksanaan dilakukan di SMPN 5 Kaur, peserta didik kelas VIII sebanyak 9 orang berangkat dari Desa Tri Jaya Kecamatan Nasal ke tempat ujian pada 19-20 September 2022" , ungkap kepala sekolah

Dilain kesempatan Proktor SMPN 25 Kaur, Alian Suhendra menjelaskan pada pelaksanaan hari pertama sesi 1, ada 4 (empat) peserta didik mengalami kendala teknis. Dan untuk pelaksanaan hari kedua sesi 1, sempat mengalami kendala teknis namun dapat diatasi oleh teknisinya Robet Riansyah, S.Pd.

Kendala teknis yang dihadapi berupa error dari server pusat, beberapa kali dicoba login tetap mengalami kendala, peserta didik yang tidak bisa menyelesaikan ujian di hari pertama akan mengikuti ujian kembali berbarengan dengan gelombang kedua tanggal 21 September 2022, dan yang mengalami kendala di hari kedua akan mengikuti kembali pada tanggal 22 September 2022.

"Peserta didik kami empat orang kendala teknis, akan Asesmen ulang Literasi dan Surver Karakter di gelombang kedua hari Rabu" ujarnya.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan kegiatan nasional untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi, serta survey karakter dan lingkungan siswa. Nantinya hasil dari ANBK ini dapat dilihat berdasarkan Raport pendidikan, yang menggambarkan profil sekolah sehingga tergambar kualitas dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Kaur.

Setelah melakukan asesmen ulang, sebanyak 4 (empat) peserta didik akhirnya dapat menyelesaikan tes dan kali ini pelaksanaannya dengan penuh perjuangan mencari sinyal internet di SMPN 25 Kaur Desa Trijaya.

Dengan demikian pelaksanaan ANBK tahun 2022 di SMPN 25 Kaur, yang sempat mengalami kendala dapat diselesaikan dan penuh dengan perjuangan.