Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mantap! Ada Kolam Pemandian di Kawasan Wisata Air Terjun Bioa Ba'es

PedomanBengkulu.com, Lebong -  Geliat pembangunan padat karya melalui program Dana Desa (DD), yang sudah dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Pemerintah Desa Muning Agung, Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong. Terutama pengembangan potensi wisata alam yang ada di Desa Muning Agung yakni Air Terjun Bioa Ba'es, dimulai dengan pembangunan akses jalan, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan kolam bawah dan tahun ini sudah dilengkapi kolam atas yang lebih luas, dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang menikmati suasana Air Terjun dan kolam pemandian air yang sangat sejuk. Tentunya adanya penambahan fasilitas di kawasan Air Terjun Bioa Ba'es, memudahkan masyarakat yang haus wisata alam yang segar dan pemandangan hijau. Apalagi kawasan Air Terjun Bioa Ba'es, didukung akses jalan yang mudah dijangkau masyarakat.

"Untuk kolam sudah selesai, tinggal pemasangan tulisan Air Terjun Bioa Ba'es yang sekarang masih ditempah. Jika sudah selesai dipasang, maka kita akan segera launching secara resmi," ungkap Kades Muning Agung Putra Tegor kepada PedomanBengkulu.com Sabtu (02/07/2022) siang.

Dikatakan Kades Tegor, ide awal pembangunan kawasan wisata Air Terjun Bioa Ba'es ini, dimulai dari program inovasi desa tahun 2018. Dimulai dengan pembangunan jalan  menuju area Air Terjun. Kemudian dilanjutkan dengan pengerasan dan rabat beton dilapisi aspal. Selanjutnya ada penambahan kolam pemandian diujung jalan. Selanjutnya penambahan kolam besar dengan bendungan setinggi sekitar dua meter lebih.

"Saat ini kolam besar dengan bendungan sudah selesai, tetapi kami tidak membuang batu-batu besar didalamnya, biar orang mandi didalamnya tetap mendapatkan keaslian sungai aliran dari Air Terjun," ucapnya.

Jika sudah Di-launching, lanjut Tegor, untuk pengelolaan fasilitas Air Terjun Bioa Ba'es akan diserahkan kepada BUMDes Karya Mandiri. Jika sebelumnya sudah ada unit usaha BUMDes tentang pengelolaan air bersih, maka akan ada tambahan unit usaha pengelolaan objek wisata Air Terjun. Seperti karcis masuk sekaligus karcis parkir, yang akan ditetapkan melalui Peraturan Desa Muning Agung.

"Harapannya nanti ada penambahan Pendapatan Asli Desa (PADes) Muning Agung dari sektor pariwisata. Sama halnya dengan BUMDes unit Air Bersih, setiap bulannya setelah dipotong honor 4 petugas setiap bulannya mendapatkan minimal Rp. 6 juta. Begitu juga kita harapkan nantinya BUMDes unit pariwisata ini juga akan berkontribusi juga bagi PADes Muning Agung," harapnya. [spy]