Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Polres Mukomuko Lakukan Pengawasan di Pasar dan Distributor


Pedomanbengkulu com, Mukomuko - Polres Mukomuko melakukan pengawasan ketat distribusi dan penjualan minyak goreng di pasar-pasar tradisional, maupun toko modern.

Kapolres Mukomuko, AKBP Witdiardi, SIK MH melalui  Kasatgas II Preventif  IPTU  S.M.O Aritonang , SH  mengatakan, sidak dan pengecekan rutin digelar sebagai respon atas kelangkaan BBM dan minyak goreng kemasan di pasaran. Sehingga, distributor menyalurkan minyak goreng secara merata kepada para pelaku usaha, baik di pasar ritel modern ataupun pasar tradisional.

“Sudah kita lakukan sidak secara rutin, dan sejauh ini kami belum menemukan adanya indikasi penimbunan. Kami juga sudah cek di pasar dan distributor  yang ada di wilkum Mukomuko,” katanya.


Iptu Aritonang  menegaskan, tidak hanya pihak Polres, upaya pengawasan juga melibatkan pihak Stakeholder. Langkah itu diambil secara intensif dan berkesinambungan, guna menghindari oknum dan pedagang nakal yang menimbun minyak goring maupun BBM.

“Seperti yang dilakukan jajaran personel Polres Mukomuko. Sebagai langkah antisipatif, mereka rutin menggelar patroli ke pasar-pasar, pedagang sembako, gudang, dan rumah yang berpotensi menjadi lokasi penimbunan minyak goring maupun BBM,” imbuhnya.

Secara  umum masalah penimbunan berbagai kebutuhan pokok masyarakat lazim terjadi, karena dianggap menjadi ladang uang bagi sejumlah oknum pedagang besar yang nakal.

Dengan penimbunan, dipastikan suplai barang ke pasaran otomatis berkurang drastis. Akibatnya, terjadi kepanikan masyarakat hingga menyebabkan kenaikan harga.

“Ujung-ujungnya, barang kebutuhan pokok seperti minyak goreng dan BBM ini akan dikeluarkan secara pelan-pelan dengan berada di harga tinggi,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya meminta peran pemerintah untuk lebih waspada dan rutin menggelar sidak ke berbagai lokasi, yang rawan digunakan sebagai tempat penimbunan.

“Institusi negara jangan mau kalah dengan ulah oknum-oknum pedagang besar, yang bisa saja menjadi dalang kelangkaan minyak goreng maupun BBM seperti saat ini. Terus lindungi konsumen karena hal seperti ini bukan barang baru. Nyatanya, sudah banyak temuan penimbunan, bahkan minyak goreng palsu di pasaran di sejumlah daerah,” tegasnya.