Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri: Di Tengah Pandemi, Mari Ringankan Beban di Pundak Guru


PedomanBengkulu.com - Hari ini, Kamis (25/11/2021), Indonesia memperingati Hari Guru Nasional sebagai wujud penghormatan kepada insan pencetak cendikia tersebut sebagai sosok yang memiliki jasa terbesar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, peran guru teramat penting bagi bangsa Indonesia, bukan hanya di sekolah-sekolah, tapi juga di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Guru ini kelompok yang paling mula-mula menggerakkan anak bangsa untuk bergerak menjemput kemerdekaan. Sekarang jauh setelah merdeka, guru-guru juga terus berjasa bukan hanya di sekolah, tapi juga di kampung-kampung, di dusun-dusun," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, dimanapun mereka berada, kehidupan guru juga berdampak pada kehidupan sosial, baik sebagai panutan dan teladan bagi masyarakat serta tempat untuk bertanya tentang perkara-perkara dunia dan agama.

"Dengan alasan-alasan itu saya sama sekali tidak keberatan kalau para guru diberikan hak-hak istimewa oleh negara selama ditujukan agar mereka dapat terus memberikan yang terbaik untuk membentuk manusia-manusia Indonesia yang cerdas dan berkualitas," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini menekankan, tak kalah penting adalah upaya untuk memberikan guru kebebasan untuk menjadi sosok yang mandiri sehingga dapat mengembangkan kapasitas dirinya dalam setiap kreasi dan inovasi.

"Guru tidak boleh ditekan-tekan, dikekang dengan aturan yang ruwet, diharuskan mengikuti pola administrasi yang ribet. Guru harus diberikan kesempatan untuk berkreatifitas dan memunculkan inovasi-inovasi untuk dapat memaksimalkan tujuan mereka dalam membangun karakter murid," imbuh Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menambahkan, pada momen Hari Guru Nasional tahun 2021 ini menyatakan kebulatan tekadnya untuk mendukung pemulihan pendidikan nasional di tengah pandemi dengan menggunakan hati dan membantu guru dalam menjalankan tugas-tugas pendidikan.

"Tugas mendidik jangan hanya dibebankan di pundak guru. Semangat belajar dan mengajar juga harus ada di masyarakat, terutama di tengah-tengah keluarga di rumah. Bahkan rumah adalah sekolah pertama yang paling menentukan karakter setiap anak. Mari bantu para guru dengan mendidik anak-anak dengan baik sejak dari rumah dengan agama. Selamat Hari Guru Nasional," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. 

Sementara Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 meminta agar peringatan Hari Guru Nasional 2021 dimeriahkan oleh setiap instansi hingga satuan pendidikan dengan menyebarluaskan logo hingga tagar #BergerakDenganHati, yang menjadi tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini. [Muhammad Qolbi]