Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Suka Wisata Ekstrim? Coba ke Desa Ini

Bila mengunjungi daerah wisata yang mudah dijangkau dengan fasilitas yang lengkap sudah jenuh anda nikmati, mungkin berwisata ketempat yang menantang bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki hobi berwisata.

Apalagi, pada zaman yang sudah serba modern saat ini, mencari sentuhan alam yang masih asri serta udara yang masih segar bukan perkara mudah. Sebab, tak jarang kita harus menyiapkan mental dan fisik terlebih dahulu untuk menempuh perjalanan yang ekstrim menuju tempat wisata yang sangat indah tersebut.

Salah satu wisata ekstrim yang terletak di Desa Lubuk Resam Kabupaten Seluma. Desa ini menawarkan keindahan yang sangat menggoda, yakni wisata Air Terjun Lubuk Resam.

Tidak sulit menuju tempat ini dari pusat Kota Bengkulu. Paling butuh waktu 3 jam perjalanan. Berangkat 1.5 jam dari Kota Bengkulu menuju Tais, Ibukota Kabupaten Seluma. Lalu dilanjutkan 1,5 jam dari Tais ke Desa Lubuk Resam.

Perjalan bisa ditempuh dengan dengan menggunakan transportasi mobil atau motor. Namun apabila hendak menuju Desa Lubuk Resam, alternatif yang aman untuk digunakan adalah sepeda motor atau Mobil Jeep.

Asrinya pemandangan alam akan kita nikmati selama perjalanan menuju Air Terjun Lubuk Resam. Kebun-kebun warga yang beranekaragam dan hamparan sawah yang luas tertata menyegarkan nafas dan memanjakan mata pengunjung.

Suasana desa kental terasa ketika udara segar memenuhi paru-paru di tempat ini. Penduduknya ramah. Ketika tiba, pengunjung pasti akan ditawarkan menginap di rumah mereka tanpa mereka tetapkan nilai imbalannya.

Bagi warga Desa Lubuk Resam, kedatangan tamu adalah kebanggaan dan kehormatan tersendiri. Tidak sedikit warga yang menawarkan jasa sebagai penunjuk jalan ketempat wisata yang kita inginkan.

Rasa letih dan lelah sekira 1,5 jam perjalanan yang menegangkan membelah rimba pasti akan tertebus tunai ketika pemandangan luar biasa Air Terjun Lubuk Resam membentang di depan mata.

Dengan ketinggian kurang lebih 70 meter, pancaran pelangi dari pantulan cahaya matahari membuat air terjun ini seakan memiliki keunikannya tersendiri. Air terjun ini terdiri dari 5 baris air terjun pada satu dinding karang.

Kita dapat serasa menyatu dengan alam ketika kulit kita tersentuh oleh percikan air terjun yang alami. Kita dapat duduk diatas batu-batu besar untuk merasakan dinginnya air yang sangat jernih dengan beberapa ikan kecil yang seakan menggelitik di jari-jari kita.

Bila perut terasa lapar, kita cukup membawa beras dan bumbu. Ikan-ikan yang ada di aliran air terjun bisa kita pancing sebagai lauk. Tapi bila kita memilih makan atau memasang tenda di dekat aliran air terjun, kita harus mempertimbangkan bilamana air dalam keadaan pasang.

Kalau kita telusuri Air Terjun Lubuk Lesam, ini kita akan menemukan dan dibuat takjub oleh Air Terjun Melintang Kanan yang tingginya mencapai 200 meter. Bila kaki kita masih cukup kuat untuk berjalan kaki ke utara, kita bisa menemukan Goa Agung atau Goa Besar yang terletak di puncak Bukit Sanggul.

Bagaimana. Anda tertarik? Silahkan berkunjung beramai-ramai. [Suci Kusuma Ningrum/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]