Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Menjelajahi Legenda dan Keindahan Bukit Hangus

Bengkulu adalah Provinsi kecil yang menyimpan beragam keunikan. Salah satunya di bidang pariwisata. Dari 9 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Provinsi Bengkulu, tempat wisata yang ada berbeda-beda.

Masing-masing dari kabupaten dan kota tersebut, masih banyak tempat wisata yang belum diketahui oleh banyak orang dan patut di jelajahi keindahannya.

Salah satunya keindahan "Bukit Hangus".

Bukit ini masih sangat asing di telinga masyarakat Bengkulu maupun di luar Bengkulu. Bukit ini terletak di Desa Lagan Bungin, Bengkulu Tengah.

Menurut legenda, pada zaman dahulu, bukit ini memiliki keterkaitan dengan "Bukit Kabu" yang ada di Desa Semidang, Bengkulu tengah.

Dinamakan Bukit Hangus karena di puncak bukit ini dulunya tumbuh serumpun bambu yang terkenal dengan sebutan "Bambu Tamiyang".

Konon katanya, apabila daun bambu ini bergesekan, maka akan menimbulkan percikan api di bukit ini hingga menyebabkan kebakaran di puncak bukit ini. Setelah bukit ini hangus maka akan tampak cahaya terang yang akan terbang dari bukit ini menuju Bukit Kabu.

Peristiwa ini terjadi setiap tahun. Sehingga hal ini membuat masyarakat menamakan bukit ini dengan nama "Bukit Hangus".

Terlepas dari legendanya, Bukit Hangus memiliki pesona yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh bukit-bukit lainnya seperti Bukit Kaba.

Suasana hutan yang masih alami serta pemandangan yang luar biasa dari puncaknya menjadi kunci pesona bukit ini.

Untuk menuju bukit ini, kita harus berjalan kaki menyusuri jalan sepanjang 2 km dari pemukiman warga Desa Lagan Bungin. Selama perjalanan, kita akan dimanjakan dengan kesejukan udaranya, kemunculan hewan-hewan yang ada seperti Lutung dan berbagai jenis burung.

Selain itu, kita akan menemukan mata air yang banyak muncul di kaki Bukit Hangus ini. Setelah kita tiba dipuncaknya, maka perjuangan untuk sampai di Bukit Hangus ini akan terbayar dengan pesona yang ada.

Keadaan Kota Bengkulu, lautan yang biru, dan hijaunya hutan Bengkulu akan terpampang jelas dari puncaknya. Selain itu, dari puncak bukit ini kita akan bisa melihat bukit-bukit lainnya seperti Bukit Kandis.

Apabila kita datang disore hari, maka kita akan menyaksikan keindahan tenggelamnya matahari di ufuk barat. Apabila malam tiba, maka pemandangan akan berubah menjadi gemerlap lampu-lampu masyarakat Bengkulu yang lebih indah dari bintang.

Demikianlah ulasan mengenai BUkit Hangus. Mari kita tampilkan potensi Bengkulu yang melimpah. Karena melalui satu kata akan dapat merubah segalanya. [Ikhwan Ramadan/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]