Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Air Sulau, Potret Indonesia Mini

NEGERI Sejuta Cerita

Wisata merupakan salah satu kebutuhan spiritual manusia. Rasa penat dan letih setelah bekerja bisa di segarkan kembali dengan melakukan wisata. Menurut kamus besar bahasa indonesia wisata adalah bepergian atau bertamasya untuk bersenang- senang, merefresh fikiran, dan menambah pengetahuan.

Untuk memenuhi kebutuhan spiritual akan wisata ini, manusia bisa memanjakan mata dengan mengunjungi tempat- tempat yang indah, berburu hal-hal yang unik, serta mempelajari hal-hal baru yang menarik. Wisata bisa dilakukan dengan berbagai cara. Wisata alam dan wisata budaya adalah jenis wisata yang biasa dilakukan oleh sebagian besar wisatawan.

Wisata alam menawarkan potensi keindahan alam dan tata lingkungannya sebagai objek wisata sementara wisata budaya memberi pengetahuan tambahan akan budaya dan keunikan-keunikan yang dimiliki oleh suatu tempat yang menjadi objek wisata.

Desa Air Sulau merupakan desa yang unik karena menyajikan tampilan Indonesia dalam skala kecil atau mini. Desa yang berasal dari unit pemukiman transmigrasi ini dihuni oleh penduduk yang berasal dari berbagai suku bangsa dan agama. Desa Air Sulau saat ini memiliki penduduk kurang lebih 2000 jiwa. Dikatakan sebagai negeri Indonesia mini sebab penduduk di desa ini hidup berdampingan dari berbagai suku, bangsa, dan agama.

Penduduknya berasal dari suku Jawa, Sunda, Batak, Padang, Bali hingga pasemah pribumi. Jadi tidak heran jika orang-orang yang datang kesini akan mendengar bermacam-macam bahasa yang berbeda. Agama yang dianut oleh penduduk didesa ini pun bervariasi, dari Islam, Kristen, Katholik hingga Hindu. dengan agama yang beragam ini, penduduk disini mampu tinggal berdampingan dengan tolerasi yang tinggi.

Dikarenakan penduduknya berasal dari suku yang beraneka ragam, desa ini pun memiliki makanan tradisional yang beragam pula. Setiap penduduk sudah cukup familiar dengan dengan citarasa makanan yang ada. Penduduk yang berasal dari suku jawa sudah terbiasa menikmati sambal tempuyak plus gulai unji, makanan kebanggaan penduduk asli suku pasemah.

Begitu juga penduduk asli suku pasemah bisa menyantap gudeg jogja, makanan kebesaran para anak rantau itu dengan nikmat. Karena keunikannya inilah desa ini bisa dijadikan salah satu desa rujukan untuk melakukan wisata alam sekaligus wisata budaya. Untuk mengenal bahasa dan budaya dari beberapa negeri di Indonesia yang luas ini, tak perlu jauh-jauh menghabiskan waktu dan tenaga mengunjungi seluruh negeri, mengelilingi Indonesia.

Cukup dengan mengunjungi Desa Air Sulau saja, beragam bahasa, budaya dan makanan tradisional sudah bisa kita temui dengan sempurna, berikut dengan bonusnya yaitu perpaduan budaya-budaya yang berasal dari berbagai negeri berbeda itu.

Desa yang cantik ini pun tidak susah untuk dicapai. Terletak di Kecamatan Kedurang Ilir kabupaten Bengkulu Selatan yang merupakan daerah perbatasan antara kabupaten Bengkulu Selatan dengan Kabupaten Kaur, desa ini berada sekitar 200 meter dari jalan utama, jalan lintas barat Bengkulu menuju Lampung dan ibukota Negara Indonesia, Jakarta.

Desa Air Sulau juga menyuguhkan panorama alam yang tak kalah indahnya. Hal ini dikarenakan desa ini berada diantara tingginya deretan bukit barisan dan indahnya samudera hindia. Hamparan hijau perkebunan sawit dan karet menambah pesona negeri sejuta cerita ini. Para pengunjung yang datang kesini akan dimanjakan dengan keramahan penduduknya yang mendalam.

Mata pencaharian penduduk desa ini rata-rata adalah petani. Mereka menggantungkan hidup mereka dari menyadap getah karet dan perkebunan sawit. Beberapa ada yang menjadi pedagang, pengusaha kecil, pegawai negeri, dan buruh pabrik. Peternakan didesa ini pun tergolong sukses. masyarakat beternak unggas, kambing dan sapi. Hampir setiap tahun, saat lebaran haji tiba, desa ini menjadi desa rujukan tempat mencari hewan kurban yang sehat dan berkualitas. Oleh- oleh khas desa ini pun sudah terkenal jauh ke luar kota. Ada pisang salai yang menjadi kebanggaan abadinya.

Makanan ringan karya tangan-tangan terampil ibu rumah tangga ini pun mudah ditemui di sepanjang jalan lintas barat sumatera. Di olah dari pisang asli yang berasal dari kebun sendiri, citarasa makanan ini sangat nikmat dan bisa di cicipi dengan harga yang relatif murah. Jika ingin membawa buah tangan berupa buah- buahan, buah naga yang manis, berwarna merah muda pun berjejer cantik di setiap halaman rumah penduduk desa ini. Jadi bila mengunjungi Bengkulu Selatan, belum lengkap kiranya bila belum sampai ke desa ini, desa cantik bernama Air Sulau, tempat terujung di bumi sekundang yang menampilkan potret Indonesia mini, negeri indah dengan sejuta cerita. [Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]

Artikel ini ditulis Erlina Indrawati, M.Pd, guru bahasa inggris SMP Negeri 14 Bengkulu Selatan, lahir di Jakarta, 29 September 1981. Wanita yang dengan bangga menyebut dirinya sebagai Putri Air Sulau ini memiliki darah campuran Sumatera utara dan Jawa Barat. Bertempat tinggal di Jalan Mawar Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan sejak tahun 1986, penulis bisa dihubungi via email erlinaindrawthie@gmail.com atau akun FB Erlina Indrawathie.