Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tingkatkan Penerimaan Pajak, Pemkot Gandeng PT Pos Indonesia



BENGKULU, PB - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu untuk menggenjot penerimaan pajak daerah, salah satunya melalui kerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Kerjasama ini ditujukan untuk mempermudah akses pelayanan publik dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kerjasama yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bengkulu tersebut berlangsung pagi tadi pukul 08.00 WIB di Kantor Walikota Bengkulu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten III Husni dan dihadiri juga oleg Bagian Kerjasama, Pemerintahan, Pendapatan dan Hukum Sekretariat Daerah Kota Bengkulu.

"Pemerintah berharap PT Pos Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa berkerjasama dalam bidang penerimaan PBB," ungkap Wil Hopi, Kepala Bidang Pendapatan II BPKA Kota Bengkulu.

Wil Hopi mengharapkan apa bila kerjasama ini bisa terjalin baik maka pihaknya berharap PT Pos Indonesia bisa menyentuh masyarakat yang jauh jangkauan dari Bank. Pasalnya, salah satu hambatan dalam mendorong penerimaan pajak adalah akses masyarakat yang tergolong sulit dalam melakukan pembayaran.

Untuk itu, Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Bengkulu, Muliya wardy menyampaikan bila pihkanya mempunyai otlet yang cukup banyak di Kota Bengkulu karena hadir hampir disetiap kecamatan, sehingga siapa melayani pembayaran PPB melalui otlet-otlet kantor pos yang terdekat dengan pemukiman masyarakat.

Kerjasama ini memberikan keuntungan dari sisi pelayanan karena sebaran perusahaan plat merah tersebut mampu menjangkau wilayah-wilayah pemukiman penduduk di perkotaan. Sebab pengalaman dalam melayani berbagai kegiatan payment point, tagihan dan angsuran, perusahaan BUMN tersebut juga memiliki cabang-cabang Pospay.

Untuk diketahui, pembayaran Rekening Telepon, Seluler, Listrik (PLN), Token Listrik, Air Minum (PDAM), Pajak, Asuransi, Angsuran Kredit (Finance), Kartu Kredit dan Personal Loan, Televisi Berlangganan, Pengisian Pulsa, Zakat, Sodakoh, Infak, dan lain-lain, saat ini dapat dilakukan melalui Pospoy.

Bahkan diketahui jika pelayanan Pospay di Kantorpos begitu mudah, lebih cepat, dan aman karena juga menggunakan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang telah menjangkau hingga 2.192 jaringan Kantorpos di seluruh Indonesia.

Untuk pembukaan Agen-agen Pospay juga akan terus dikembangkan PT Pos Indonesia dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Karena itu tidak menutup kemungkinan kerjasama pembayaran PBB ini mendorong pertumbuhan Pospay di Kota Bengkulu yang memberikan manfaat kepada masyarakat. (Rls/Diskominfo)