Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pesona Air Terjun Blok A

 

Bengkulu kota sederhana yang mempunyai 1001 keunikan, banyak sekali tempat-tempat wisata yang tak diragukan lagi keindahanya seperti Pantai Panjang, Pantai Zakat, Sungai Suci, Taman Wahana Surya, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua itu masih ada tempat wisata yang patut kita cicipi keindahanya yaitu Air Terjun blok A yang terletak di pelosok desa bernama Kuti Agung yang masuk ke dalam Kabupaten Seluma, Kecamatan Sukaraja lebih tepatnya desa ini adalah desa perbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Desa ini masih tergolong kecil masih butuh banyak perubahan, tak jarang orang bertanya di mana letak desa ini.

Desa ini terbagi atas beberapa bagian, namun yang mencolok yaitu dua blok bernama Blok A dan Blok B, dan masing-masingnya terdapat air terjun. Namun saya akan mengulas tentang Air Terjun dari Blok A, sangat jarang orang yang mengetahui tempat itu apalagi mengunjunginya mungkin di picu karena fasilitas dan jalan alternatif yang belum memadai, karena tempat untuk menuju wisata tersebut masih tergolong alami.

Untuk menuju ke tempat air terjun butuh tenaga ekstra, jaraknya terbilang cukup jauh. Kendaraan bermotor bisa masuk, namun hanya setengah jalan saja selebihnya kita harus berjalan melewati jalan setapak,pohon-pohon yang tinggi menjulang bagai menyambut para turis yang akan berwisata di sana. Lebih asik karena selama di perjalanan akan kita temui sungai kecil yang airnya dingin sekali, sangat menyejukan bagi setiap kaki yang menyentuhnya.

Kicauan burung hutan akan menambah semangat dalam perjalanan, dari jarak jauh saja akan terdengar deburan air terjunya. Bagi yang memiliki hobi hiking dan berkemah mungkin wisata ini pilihan yang tepat, apalagi bagi anak PA.

Dan ketika telah sampai di lokasinya, akan terlihat pohon-pohon tinggi yang seolah menjadi pagar di lokasi air terjun tersebut, sedangkan untuk pintu masuknya akan kita temui batang bambu yang sudah seperti penjaga untuk menyambut setiap pendatang yang berkunjung.

Bentuk dari air terjun itu sendiri, memiliki tingkatan-tingkatan yang arus airnya berbeda-beda, namun tingkatanya itu tidak seperti tangga melainkan teracak. Akan tetapi hal ini tidak mengurangi pesonanya, ada yang arusnya deras sekali bahkan sampai berbuih, dan ada juga yang tenang lengkap dengan suasana yang nyaman dilihat. Dan tak lupa di bagian atas air terjun terdapat air yang tenang lebih mirip dengan sebuah danau.



Jadi, selain menikmati air terjunnya kita juga akan mendapatkan bonus pemandangan di sekitarnya dan air tenang yang hampir menyerupai danau di atasnya akan menambah pesona serta kealamiannya. Akan lengkap jika kita berwisata dengan membawa makanan kecil untuk bekal seadanya.

Itulah sekilas tentang ‘Pesona Air Terjun Blok A’. Di Bengkulu memang banyak sekali tempat wisata yang cocok untuk melepas jenuh yang sudah di temukan, namun jika ingin di telusuri secara lebih detail mungkin masih banyak tempat yang patut kita kunjungi yang belum di ketahui. Cintailah selalu kota tempat kita tinggal walau seburuk atau sekecil apapun daerah itu. Karena di balik kunonya daerah itu masih terselip keindahan yang sangat bernilai.

Anisa Nur Syafitri
Madrasah Aliyah Muslim Cendikia
Bengkulu Tengah