Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tega Memukul Anak, Orang Tua Diawasi

sosialisasi-pencegahan-kekerasan-terhadap-anak-2REJANG LEBONG, PB - Tidak hanya melakukan pengungkapan sejumlah kasus kekerasan terhadap anak yang belakangan marak terjadi di Kabupaten Rejang Lebong saja, Unit PPA Sat Reskrim Polres Rejang Lebong belakangan juga gencar melakukan sosialisasi upaya pencegahan terjadinya aksi kriminalitas kekerasan terhadap anak melalui petugas kesehatan yang bertugas di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kegiatan yang di gelar di Wisma Kaba beberapa waktu lalu ini, petugas kepolisian meminta agar seluruh warga dari berbagai kalangan untuk bersama-sama menjaga perilaku dan pergaulan anak saat berada di lingkungan tempat tinggal.

"Kami minta agar seluruh petugas kesehatan yang ikut serta dalam sosialisasi ini untuk mengajak seluruh orang tua di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja menjaga anak-anak mereka saat diluar jam sekolah. Sebab, saat usai mengikuti pelajaran di sekolah, anak-anak menjadi tanggungjawab penuh orang tua dan warga sekitar tempat tinggal," ujar Kanit PPA Sat Reskrim Polres Rejang Lebong, Aiptu Deasy Oktavianti.
Dijelaskan Deasy, faktor utama yang harus diperhatikan adalah menjaga anak-anak dari pergaulan yang negatif. Baik di lingkungan tempat tinggal, lingkungan pertemanan dan lingkungan kemajuan teknologi yang ada.

"Dengan meminimalisir waktu senggang yang dimiliki oleh anak anak maka secara tidak langsung kita menjaga prilaku sang anak. Caranya dengan memberikan kegiatan positif kepada sang anak. Misalnya, les mata pelajaran yang dinilai bermanfaat bagi sang anak usai pendidikan nanti atau ikutkan anak ke kegiatan ekstrakulikuler olahraga yang langsung dibina oleh sekolah tempat sang anak belajar," ujar Deasy.

Selain itu, sambung Deasy, pihaknya juga meminta agar warga proaktif membantu penyelidikan petugas kepolisian jika di lingkungan tempat tinggal terjadi aksi kekerasan terhadap anak.

"Bukan hanya pelecehan seksual terhadap anak saja, melainkan jika melihat ada orang tua yang tega memukuli sang anaknya, kami minta agar proaktif melaporkannya kepada kami agar segera di tindaklanjuti," tegas Deasy.

Kegiatan ini mengangkat tema Optimalisasi Kapasitas Tenaga Kesehatan Dalam Menatalaksanaan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) Rejang Lebong. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Rejang Lebong. [Ifan]