Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gempa 5,4 SR Guncang Bengkulu Selatan

Ilustrasi seismik gempaGempa berkekuatan 5,4 skala ritcher (SR) mengguncang wilayah Bengkulu Selatan, Sabtu (17/09/2016). Gempa dengan kedalaman cukup dangkal tersebut tercatat menggoyang Bengkulu Selatan pada pukul 09:30 WIB.

Dilansir BMKG, Gempa ini berada pada titik 79 KM sebelah barat daya Bengkulu Selatan tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami . Meskipun demikian, warga dihimbau untuk tetap waspada apabila gempa bumi terjadi bisa saja disusul dengan gempa lainnya atau Tsunami tak terduga terutama dibibir pantai selatan Sumatera .

Jenis gempa di Bengkulu pagi ini  termasuk dalam kategori gempa dangkal. Sebab, BMKG mencatat kedalaman gempa hanya 19 KM. Inilah yang membuat efek geratan bisa lebih terasa ketimbang gempa yang lebih dalam titik lepas energinya .

Disisi selatan pulau Sumatera memang berada patahan yang mempertemukan lempeng Indo-Australia yang mana disepanjang pulau Jawa dan Sumatera rawan terjadi peristiwa Gempa Bumi. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada informasi mengenai dampak gempa itu. [MS]