Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sukseskan Revolusi Mental Delapan Tekad Bengkuluku

BENGKULU, PB - Hari jadi Kota Bengkulu ke-297 resmi digelar. Wali Kota Helmi Hasan, Ketua DPRD Kota Erna Sari Dewi, Wakil Wali Kota Patrian...

HK 7BENGKULU, PB - Hari jadi Kota Bengkulu ke-297 resmi digelar. Wali Kota Helmi Hasan, Ketua DPRD Kota Erna Sari Dewi, Wakil Wali Kota Patriana Sosialinda, beserta segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bengkulu berikut jajarannya mengikuti pembukaan hari jadi tanah kelahiran Fatmawati Soekarno ini di Lapangan Merdeka View Tower, Selasa (1/3/3016).

Baca juga : Ini Jadwal Lengkap Kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu ke-297

Wali Kota Helmi Hasan mengimbau kepada segenap pejabat dan rakyat yang hadir di lapangan tersebut untuk terus mensukseskan program Delapan Tekad Bengkuluku. Slogan yang mengandung hakikat gerakan revolusi mental tersebut telah mengiringi kepemimpinannya selama tiga tahun terakhir sejak awal tahun 2013 silam.

Helmi mengingatkan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Dibutuhkan kekompakkan dengan seluruh elemen masyarakat agar program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah mampu dilaksanakan dengan baik dan mencapai hasil yang sempurna sesuai dengan bunyi program Delapan Tekad Tersebut.

Baca juga : Walikota Bengkulu Dapat Penghargaan dari Mendagri

"Banyak prestasi yang berhasil kita raih berkat kekompakkan antara pemerintah dengan rakyatnya. Baik itu honorer, PNS, TNI-Polri, media massa, LSM, para petani, nelayan, pemuda, ibu-ibu, para ustad, imam masjid, semuanya. Capaian-capaian baik yang harus kita tingkatkan lagi ke depan ini berkat kerja keras kita semua,” kata Helmi saat diwawancara usai membuka acara HUT tersebut.

Diantaranya, Bengkuluku Bersih. Ketika digelorakan, Wali Kota Helmi Hasan sendiri memimpin gotong royong di tengah-tengah masyarakat setiap pekannya. Bersama jajaran Pemerintah Kota yang lain, Helmi masuk ke gorong-gorong, mengangkut sampah, mendatangi setiap kelurahan dan berdialog dengan warga.

Bengkuluku Indah. Sejak awal memimpin, secara bertahap, Helmi Hasan dan Patriana Sosialinda telah mempercantik kawasan-kawasan persimpangan, membongkar sampah dan sumbatan di Jalan Soeprapto serta membersihkan Pantai Panjang secara rutin bersama segenap jajarannya.

Bengkuluku Sejuk. Ketika asap melanda Sumatera, Pemerintah Kota dengan tanggap membentuk tim khusus penanggulangan asap agar tidak ada jatuh korban. Pemerintah Kota juga mengawasi secara ketat seluruh pabrik yang beropasi agar tidak menimbulkan limbah. Sejumlah taman-taman telah diperbaiki seperti Taman Nusa Indah.

Baca juga : Udara Kota Bengkulu Terbaik Nasional

Bengkuluku Sehat. Capaian besar berupa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu menjadi saksi yang tak terbantahkan betapa tekad untuk membuat warga Kota Bengkulu dapat sehat dan produktif masih terus dilaksanakan hingga saat ini.

Bengkuluku Aman. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, ribuan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) telah berdiri di sudut-sudut Kota Bengkulu. Kekompakkan antara unsur eksekutif Pemerintah Kota dengan TNI-Polri dan aparat keamanan lainnya terus ditingkatkan. Program yang dididukung oleh Kapolda Bengkulu ini pun telah menginspirasi banyak daerah untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga : Bengkuluku Aman Terkendali

Bengkuluku Religius. Sejak tahun 2013, tingkat kunjungan pejabat pemerintahan ke tempat-tempat ibadah terus meningkat. Berbagai persoalan-persoalan yang timbul di masyarakat seperti di pasar dan kelurahan-kelurahan didiskusikan dan ditangani segera oleh Pemerintah Kota dalam semangat kesantunan beragama dan ketaataan pada musyawarah di masjid-masjid.

Bengkuluku Kreatif. Dana Bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) telah mampu meledakkan omset UMKM yang ada di Kota Bengkulu. Pada tahun 2013 omset UMKM hanya Rp 29 miliar. Namun pada tahun 2015, angka ini telah menembus Rp 125 miliar. Sebanyak 3.553 UMKM telah berdiri berkreasi untuk menjadi masyarakat yang mandiri dan madani.

Bengkuluku Peduli. Setiap tahun Pemerintah Kota terus menyalurkan zakatnya yang ditarik melalui pegawai-pegawai pemerintahan. Hingga saat ini, berbagai bantuan untuk nelayan dan petani terus disalurkan. Pada tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kota juga telah mencanangkan beras untuk rakyat kota dan tas sekolah untuk siswa-siswi yang kurang mampu.

Wujud Bengkuluku Peduli juga tampak dari kesederhanaan hidup para pejabat yang menolak menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinas dan itu diteladani oleh kepala daerah sendiri. "Mari kita terus membangun dengan hati. Menjadikan Pemerintah Kota sebagai mesin birokrasi yang bekerja melayani rakyat dengan santun dan bersahaja," tutup Helmi.

Pembukaan HUT Kota Bengkulu ke-297 ini juga memperingati hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu dan Korps Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu. HUT ini dimeriahkan oleh penampilan siswa-siswi SMP terbaik di Kota Bengkulu dan pameran hasil karya-karya kreatif UMKM di Kota Bengkulu. [RN/bis]