Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lapas Baru Para Napi Dilengkapi CCTV

DSC09139

BENGKULU, PB - Sebanyak 536 orang narapidana (napi) kini memiliki tempat baru, Lapas Kelas I A Bentiring Permai. Lapas baru ini memiliki sistem pengaman yang dilengkapi CCTV, serta dari 4 sudut juga ada menara pengawas. Baca juga: Narapidana Lapas Malabero Bakal Dipindahkan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Dewa Putu Gede mengatakan dari segi keamanan lebih bagus dibadingkan Lapas Malabrough. Ruangan berkumpul bersama dipasangi juga CCTV.

Lapas baru yang terletak di Muara Bangkahulu itu memiliki lima blok dengan daya tampung 820 orang. Terdiri dari Blok Anak, Blok Perempuan, Blok Narkoba, Blok Tipikor dan Blok Pidana Umum.

"Setiap Blok memiliki fasilitas yang berbeda-beda yang utama kasur dan kotak pakaian. Untuk penghuni satu sel ada 5 orang," ungkap Dewa Putu Gede, Selasa (1/2/2016).

Saat ini, jumlah narapidana dan tahanan ada 724 orang, sambungnya, yang dipindahkan baru 536 orang narapidana. "Kedepannya lapas kelas II A Malabrough akan dijadikan rumah tahanan (Rutan) khusus pria dewasa, sedangkan tahanan anak dan perempuan semua ikut pindah ke lapas baru," katanya.

Pemindahan narapidana dari Lapas Kelas II A Malabrough ke lapas kelas I A Bentiring Permai dikawal ketat aparat gabungan TNI dan Polri. Mobil anti huru hara, mobil patroli, serta motor patroli yang digunakan untuk mengawal tahanan yang ada di dalam delapan bus milik Pemerintah Kota (Pemkot) dan Damri.

Pemindahan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. "Semua sistem keamanan di serahkan kepada pihak kepolisian Bengkulu. Dari awal pemberangkatan hingga tiba itu tanggung jawab mereka," tutupnya. [Zefpron Saputra]