Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bengkulu Titik Nol Gerhana Matahari

Ilustrasi Warga Melihat GerhanaBENGKULU, PB - Setidaknya ada 12 provinsi yang akan bisa menikmati fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Dan ternyata, GMT tersebut akan dimulai di Bengkulu. Tepatnya di Kabupaten Mukomuko.

"Ini adalah fenomena alam yang sangat langka dan yang menarik adalah titik nol-nya GMT ini berada di Kabupaten Mukokumo," kata Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Sudoto, Jumat (4/3/2016).

Baca juga: Jangan Lihat Gerhana Matahari Dengan Mata Telanjang dan Gubernur Saksikan Gerhana di Benteng Marlborough

Kontak pertama gerhana matahari juga bisa dilihat di hampir seluruh daerah Bengkulu. Namun, gerhana matahari yang dilihat di hampir seluruh wilayah Bengkulu itu nantinya adalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS). GMT sendiri baru bisa dilihat di Mukomuko pada pukul 06.20 WIB dengan puncak gerhana pada pukul 07.20 WIB dan berakhir pada 08.28 WIB.

"Bengkulu akan dilewati gerhana ini dengan kepekatan 1,008 magnitudo atau kategori sangat pekat," imbuh Sudoto.

Pihak Pemprov sendiri sudah menyiapkan tempat bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana ini di puncak Benteng Marlborough. Disana nantinya, Sudoto melanjutkan, acara akan diawali dengan sholat gerhana bersama kemudian menyaksikan GMT melalui teropong.

"Setelah itu penjelasan ilmiah mengenai GMT," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Sudoto mengimbau agar masyarakat menggunakan kacamata anti ultraviolet dan tidak melihat secara langsung dengan mata telanjang. Sebab hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan mata.

Untuk diketahui, 11 provinsi lainnya yang dilintasi oleh GMT adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. [IC]