Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rentak Kudo, Congklak dan Yeye Permainan Bengkulu Tempo Dulu

[caption id="attachment_12682" align="alignleft" width="274"]download IST/Permainan Rentak Kudo[/caption]

BENGKULU, PB - Bengkulu Tempo dulu yang dikemas dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-297 nanti mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Diantaranya datang dari Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu S. Effendi. Dia berharap, konsep acara Bengkulu Tempo Dulu harus melibatkan seluruh kalangan masyarakat, termasuk kalangan anak-anak.

Dunia anak sangat identik dengan permainan, karena itu, lanjutnya pihak panitia HUT Kota harus memberikan sebuah wadah.

"Sangat banyak permainan anak-anak tempo dulu yang ada di Kota Bengkulu, seperti Lompat kodok, gasing, congklak, main yeye, gelabur dan antu tinggi. Jadi bukan hanya orang tua dan dewasa saja yang terlibat di sana, anak-anakpun harus dilibatkan," tegas Effendi.

Tambahnya, anak-anak sekolah dari tingkat PAUD, TK ataupun SD bisa dilibatkan dalam permainan tradisional itu.

Jika sebelumnya dirancang komunitas sepeda ontel, Effendipun mengusulkan supaya dilibatkan pula kalangan dari komunitas sepeda motor dan mobil tua.

"Kalau memang mau, saya siap untuk menginventarisir kawan-kawan yang memiliki motor dan mobil tua, seperti VW," ujarnya.

Pada rapat persiapan acara HUT Kota Bengkulu Jumat, 29/01/2016, selaku Ketua BMA Kota Effendi diundang oleh Pemkot. Namun, pada saat bersamaan beliau sedang berada di luar kota, sehingga tidak dapat hadir. "Undangan rapat ada, tapi waktu itu saya ada urusan di luar kota," pungkas Effendi. [Apdian Utama]

congklak-dakon 1 yeye-lompat-tali 1