Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Polling dan Survei, Ini Prediksi Anggota DPD RI Bengkulu Hasil Pemilu 2024

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak sudah di depan mata. Orang-orang mulai memprediksi siapa yang akan memimpin ke depan. Namun di Bengkulu, publik paling banyak mencermati siapa yang akan menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) periode jabatan 2024-2029.

Hal ini tampak dari jajak pendapat yang dilakukan oleh berbagai lembaga yang berupaya menangkap persepsi publik mengenai siapa sosok calon Senator yang diinginkan oleh masyarakat sebagaimana dilakukan oleh RBTV, BETV dan baru-baru ini oleh Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD).

Menariknya, empat besar hasil polling dan survei tersebut tidak ada yang sama. Misalnya, polling BETVNEWS menempatkan Elisa Ermasari dengan hasil 62,01 persen, Hj Leni Haryati John Latief 31,93 persen, Destita Khairilisani 2,28 persen dan Andrian Wahyudi 1,46 persen.

Sementara pada hasil polling RBTVCAMKOHA.COM suara tertinggi diraih oleh Elisa Ermasari dengan 47,81, Sultan Baktiar Najamudin dengan 35,3 persen, Hj Leni Haryati John Latief dengan 14,07 persen dan Destita Khairilisani dengan 1,29 persen.

Hasil survei LEKAD yang tertinggi adalah Sultan B Najamudin dengan angka 15,25 persen, disusul Patrice Rio Capella 14,5 persen, lalu menempati peringkat ketiga Ahmad Kanedi memperoleh 12,5 persen dan Hj Leni Haryati John Latief menempati peringkat keempat sebesar 11 persen.

Dari data ini dapat dicermati dengan seksama bahwa dari 12 sosok Calon DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu ada tujuh nama yang diprediksi bakal lolos sebagai Senator. Mereka adalah Hj Leni Haryati John Latief, Sultan Baktiar Najamudin, Ahmad Kanedi dan empat lainnya.

Fenomena yang menarik di sini adalah nama Hj Leni Haryati John Latief. Meski tergolong baru mencalonkan diri sebagai Senator namun hanya nama Hj Leni Haryati John Latief sendiri yang namanya muncul dalam seluruh polling dan survei di lembaga-lembaga tersebut.

Sedangkan Sultan Baktiar Najamudin, Elisa Ermasari dan Destita Khairilisani masing-masing muncul namanya di dua lembaga. Sementara Ahmad Kanedi, Andrian Wahyudi dan Patrice Rio Capella masing-masing muncul namanya hanya dalam satu lembaga saja.

Prediksi lolosnya Ahmad Kanedi dan Sultan Baktiar Najamudin mungkin tak akan terlalu mengherankan, karena memang status keduanya sebagai petahana. Berkali-kali dalam Pemilu keduanya tampil sebagai kampiun dengan perolehan suara yang cukup besar.

Dengan demikian, Hj Leni Haryati John Latief, Ahmad Kanedi dan Sultan Baktiar Najamudin bisa dianggap memiliki kans besar menjadi Senator Bengkulu periode jabatan 2024-2029. Satu nama lagi mungkin akan jadi pertarungan bagi Def Tri Hardianto, Rahimandani atau Patrice Rio Capella.

Terlepas dari prediksi tersebut, tugas-tugas yang cukup berat telah menanti para calon Senator terpilih, yakni menyelesaikan berbagai permasalan Bengkulu yang begitu kompleks seperti kemiskinan, pengangguran, ketergantungan yang tinggi akan dana pembangunan dari pusat dan lain sebagainya dengan kewenangan yang terbatas.

Senator terpilih harus mampu memperbaiki semua regulasi yang meminggirkan Bengkulu dalam pembangunan nasional, melobi agar semua program-program nasional mengucur ke Bumi Merah Putih hingga provinsi ini dapat berdiri sejajar dengan provinsi-provinsi besar di Indonesia. [**]