Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

 

Ciri khas dari buah bit adalah warnanya yang merah pekat sehingga sering digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan. Selain warnanya yang cantik, buah bit juga memiliki rasa yang enak dan bisa dimakan dalam keadaan mentah atau diolah terlebih dahulu. Manfaat buah bit juga beragam, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Buah bit kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, antioksidan, dan banyak mineral dan vitamin. Selain itu, buah bit juga rendah kalori dan lemak sehingga sering dijadikan sebagai buah yang dikonsumsi bagi Anda yang tengah diet. Jika Anda penasaran apa saja manfaat dari bit untuk kesehatan dan kebugaran, simak ulasannya di bawah ini:

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Buah bit mengandung banyak nitrat, yakni zat di dalam tubuh yang berubah menjadi nitrit oksida. Zat tersebut kemudian berfungsi untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Kemudian, kandungan betasianin dan antioksidan pada buah bit juga dapat mengurangi peradangan yang berhubungan erat dengan penyakit jantung.

2. Menekan Peradangan dalam Tubuh

Ketika benda atau zat asing masuk dalam tubuh, maka sistem kekebalan akan meresponnya dengan memunculkan peradangan. Meskipun ini adalah respon alami pada tubuh, namun jika terjadi dalam waktu yang lama tentunya bisa membahayakan kesehatan. Solusinya, Anda bisa mengkonsumsi buah bit karena dapat menekan peradangan yang ada pada tubuh.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah bit kaya akan kandungan protein, karbohidrat, dan berbagai vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, Anda bisa mengkonsumsi jus buah bit secara rutin atau menambahkan buah bit dalam menu makan harian agar tubuh tetap fit.

Kemudian, adanya kandungan nitrat alami pada buah bit juga dinilai dapat meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen selama Anda beraktivitas fisik. Jadi, jika Anda adalah individu yang aktif secara fisik maupun atlet, cobalah mengkonsumsi buah bit untuk meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh.

4. Menyokong Fungsi Otak

Manfaat buah bit lainnya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun. Pasalnya, buah bit kaya akan senyawa antioksidan dan kandungan nitrat yang telah terbukti dapat meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke otak serta melindungi sel-sel saraf.

5. Menyehatkan Pencernaan

Buah bit mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, serat dapat meminimalisir terjadinya sembelit, mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus, serta meningkatkan gerakan usus.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Adanya kandungan lutein dan vitamin A pada buah bit bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, zat tersebut mampu melindungi mata dari kerusakan akibat bahaya radikal bebas dan juga membantu mencegah gangguan mata karena usia.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Di dalam buah bit terdapat kandungan gula yang rendah serta indeks glikemik yang stabil. Oleh karena itu, buah bit cocok bagi penderita diabetes atau Anda yang membutuhkan regulasi gula darah. Serat yang terkandung pada buah bit juga dapat membantu penyerapan gula oleh tubuh.

Selain itu, buah bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang dapat mencegah kerusakan sel serta membantu menyembuhkan saraf yang rusak bagi penderita diabetes. Kemudian, buah bit juga bermanfaat untuk memperbaiki kadar gula darah pada penderita obesitas.

Itulah ulasan yang menarik tentang 7 manfaat buah bit untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Anda bisa merasakan berbagai khasiat dari buah bit dengan mengonsumsi bit gula yang bisa Anda beli di Blibli. Dengan membeli di Blibli, Anda bisa mendapatkan harga terbaik karena Anda bisa memanfaatkan banyak promo, diskon, flash sale dan juga voucher cash back. Jadi, tunggu apalagi, segera check out bit gula di Blibli dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.