Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemilu 2024, Lapas Curup Siapkan 3 TPS Khusus

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong- Komisi Pemilihan Umum Rejang Lebong menyasar para pemilih di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Curup. Kegiatan yang diikuti puluhan warga binaan tersebut merupakan rangkaian Kirab Pemilu 2024. 
Disampaikan  Komisioner KPU Rejang Lebong Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Buyono kirab Pemilu di Lapas Curup bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada warga binaan 

"Pada pemilu 2024 yang akan dilaksanakan tanggal 14/2/2024 warga binaan lapas Curup ini tetap memiliki hak untuk memilih. Hari ini kita hadir disini untuk memberikan informasi terkait pemilu ini. Khusus di lapas ini akan ada 3 TPS Khusus pada saat pencoblosan nanti," Ungkap Buyono.

Materi sosialisasi yang disampaikan  Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi, M. Anas Kholiq terkait  jumlah Parpol, waktu pelaksanaan Pemilu, hingga informasi tentang jenis surat suara, mulai dari surat suara pemilihan Caleg, surat suara Pilpres dan wapres.

"3 TPS khusus yang ada di lapas Curup ini nanti, yakni bagi warga Curup yang ber KTP Dapil 1 Rejang Lebong, nantinya mereka ini mendapatkan 5 surat suara mulai dari surat suara pilpres, surat suara DPR-RI, Surat suara DPRD Provinsi dan Surat suara DPRD Kabupaten Rejang Lebong dapil," Kata Anas.

Ditambahkan Anas, TPS khusus lainnya yakni bagi Warga Rejang Lebong diluar Dapil 1 dan Warga Lebong. Warga binaan ini akan mendapatkan 4 surat suara yakni surat suara pilpres, surat suara DPR-RI, Surat suara DPRD Provinsi.

"Warga binaan ber-KTP Rejang Lebong diluar dapil 1 dan Lebong, tidak mendapatkan surat suara untuk DPRD Kabupaten tapi mereka hanya memilih anggota legislatif provinsi, DPR-RI, DPD dan pilpres," lanjut Anas.

Untuk warga binaan yang KTP-nya diluar Rejang Lebong masih didalam provinsi Bengkulu, mereka hanya menyalurkan hak suaranya untuk DPR-RI, DPD dan Pilpres. 

"Untuk warga binaan ber-KTP Diluar Provinsi Bengkulu hanya menyalurkan haknya untuk pilpres," beber Anas.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Bambang Wijanarko menyampaikan, dengan adanya sosialisasi tersebut, kalangan WBP dan para petugas mendapatkan pemahaman dan informasi seputar Pemilu, terlebih para WBP dan petugas Lapas tidak semuanya berasal dari Rejang Lebong. Dirinya juga berharap, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di dalam Lapas nantinya dapat berjalan dengan lancar aman terkendali.

"Selain warga binaan, kami selaku petugas juga bukan berasal dari Curup maupun dari Bengkulu Alhamdulillah dapat pemahaman untuk nantinya dapat dibantu di DPTB sehingga kami dapat menyalurkan hak suara nantinya,” ujar Bambang.[Julkifli Sembiring]