Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Meriahkan HUT RI Gelar Lomba Berburu Tikus, Langkah Disperkan Diapresiasi Wabup Lebong

PedomanBengkulu.com, Lebong - Memasuki bulan Agustus, sejumlah kegiatan dan perlombaan banyak digelar, baik instansi pemerintahan hingga masyarakat umum. Ada yang menarik yang dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023. Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong menggelar lomba berburu tikus, dimana lomba tersebut sejalan dengan program prioritas Pemkab Lebong yakni Musim Tanam Kedua (MT-2) yang terdapat kegiatan pengendalian hama tikus.

Untuk kegiatan lomba yang juga dihadiri Wabup Lebong Fahrurrozi tersebut, dipusatkan di Balai Benih Ikan (BBI) Nangai Tayau Kecamatan Amen Kamis (10/8/2023). Dengan total peserta diikuti 17 kelompok tani memperebutkan hadiah utama seekor Kambing dan beberapa ekor Itik.

Dikatakan Wabup Lebong Fahrurrozi, kegiatan lomba berburu tikus yang digelar Disperkan Lebong ini patut diapresiasi selain merupakan terobosan baru, juga merupakan langkah memperlombakan apa yang juga masuk dalam pelaksanaan program prioritas dirinya bersama Bupati Kopli Ansori yakni program MT-2 yang gencar dikampanyekan oleh Pemkab Lebong.

"Perlombaan berburu Tikus ini sangat menarik, selain memeriahkan HUT RI, juga secara langsung mempopulerkan pengendalian hama tikus kepada petani dalam pelaksanaan MT-2," singkat Fahrurrozi disela acara berlangsung.

Sementara itu, Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo kepada awak media menyebutkan, perlombaan berburu tikus ini sengaja dilaksanakan pihaknya sebagai langkah memeriahkan HUT RI ke 78 tahun yang sesuai dengan pelaksanaan program Pemkab Lebong yang menjadi tupoksinya Disperkan Lebong.

"Setiap Agustus-an, pasti kita akan meriahkan dengan sejumlah perlombaan. Tapi tahun berbeda, berdasarkan pembahasan internal kami, maka lomba berburu tikus menjadi pilihan untuk dilombakan. Tujuan utama lomba ini untuk mengajak masyarakat petani perang terhadap hama termasuk pengendalian hama tikus dalam melaksanakan MT-2," singkatnya.

Berdasarkan pantauan dilokasi, lomba berburu tikus yang diikuti oleh 17 peserta keluar sebagai pemenang yakni Poktan Desa Nangai Tayau I dengan hasil buruan 65 ekor, dan berhak mendapatkan hadiah utama satu ekor kambing. Kemudian juara kedua diraih Poktan Desa Tanjung Bungai 2 dengan hasil buruan 12 ekor dan Juara ketiga Poktan dari Desa Sukabumi dengan hasil buruan 6 ekor. Untuk juara 2 dan juara 3 masing-masing mendapatkan hadiah sejumlah ekor itik yang disiapkan panitia.[spy]