Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pelatihan Pemilahan Sampah, Usin Tekankan Pentingnya Mengubah Pola Pikir Terhadap Sampah

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring bersama Kader Lingkungan melaksanakan pelatihan pengelolaan sampah di Kelurahan Tanjung Jaya, Kota Bengkulu,  Minggu (25/6/2023).  

"Sore ini kumpul bersama kader lingkungan di Kelurahan Tanjung Jaya, Kita sama-sama belajar bagaimana memilah, memilih dan mengelola sampah dari rumah. Dari pelatihan ini kita memulainya dengan merubah mindset kader yang tadinya memandang sampah adalah masalah hingga sampah menjadi solusi menekan pengeluaran menjadi pendapatan rumah tangga," kata Usin.

Dalam pelatihan ini hadir juga bapak Jarulis (Dekan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu), bapak Deddy Bakhtiar (Dosen Pertanian Jurusan Kelautan UNIB dan Bapak Iwan Nirwandi dari Kementrian LHK.

"Pak Jarulis dalam sambutannya mengapresiasi program anggota DPRD dalam menggerakkan kegiatan kelompok kader lingkungan untuk menekan dan mengurangi sampah langsung pada masyarakat yang melahirkan sampah rumah tangga. Sebagai pihak yang terus menerus menganalisa dampak sampah dan beberapa stakeholders yang membutuhkan analisa unsur kimia yang bisa disebut dokumen analisa untuk perizinan, memang masalah sampah yang tidak dikelola dengan baik akan sangat sulit diurai," ungka Usin.

Dr. Jarulis juga menyatakan siap bekerjasama dengan DPRD, DLHK dan Kelompk yang membutuhkan tenaga, pikiran untuk menyiapkan dokumen analisa kimia produk-produk UKM kelompo kader.

Sementara dari Iwan Nirwandi menyampaikan pengalamannya yang sama di Provinsi Maluku dalam pendampingan kelompok serta menyampaikan sebaiknya DLHK Provinsi Bengkulu dapat mengajukan program seperti ini baik dari pendampingan maupun fasilitasi mendorong masyarakat mengelola limbah sampah sendiri, terlebih bank sampah dimasing-masing kelompk bisa terbentuk.

"Saya sendiri sebagai anggota DPRD Provinsi Dapil Kota Bengkulu dan satu-satunya Anggota DPRS yang penggagas program ini berharap adanya kolaborasi yang baik sekaligus meminta Dr. Jarulis sebaga tenaga ahli Bank Sampah Induk PT. Bank Sampah Induk Sehati. Program pengelolaan berkonsep bank membutuhkan tenaga ahli seperti pak Jarulis, karena beberapa dosen dan guru sudah menjadi tenaga ahli yang selama ini bergerak bersama kami dalam program ini," jelasnya.

"Bila perlu nanti kita kuatkan dalam MOU kerjasama antara BSI Sehati, DLHK Provinsi Bengkulu, DPRD dan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu untuk beberapa program sinergitas lingkungan hidup dan perkotaan," tutup Usin. (AM)