Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Minimalisir Angka Kecelakaan, Astra Motor Edukasi Pelajar SMKN 4 Kota Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Melalui program Edukasi Safety Riding, Astra Motor Bengkulu menyampaikan cara berkendara yang aman kepada pelajar di SMKN 4 Kota Bengkulu, Kamis (8/6).

Dalam pelaksanaannya, edukasi safety riding ini dikemas dengan menarik untuk memudahkan pemahaman para pelajar akan pentingnya peran generasi muda untuk sadar dan patuh dalam berkendara.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi mengatakan, kegiatan edukasi safety riding sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan pihaknya.

“Bagi kami edukasi safety riding sangat penting ditanamkan sejak dini, sehingga pemahaman pentingnya keamanan dalam berkendara dapat disadari sedini mungkin,” jelasnya.

Menurut data lanjutnya, sebanyak 73 persen kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan adalah sepeda motor, sehingga Astra Motor Bengkulu selaku Main Dealer dan Retail Sepeda Motor Honda di Bengkulu mempunyai tanggung jawab dalam hal mengingatkan para pengendara bermotor khususnya pengguna motor Honda untuk selalu menerapkan #Cari_Aman dalam berkendara.

"Data yang dikeluarkan Korlantas Polri menyebutkan kejadian laka lantas  pada 2021 sebanyak 103.645. Mirisnya 58 persen korban kecelakaan adalah usia 14-39 tahun," terangnya.

Noval menjelaskan, materi edukasi yang disampaikan mulai dari semangat Cari_Aman, perlengkapan penunjang saat berkendara sesuai standar, tips kesiapan motor sebelum berkendara serta ada juga demo tentang bagaimana cara berkendara yang baik dan benar saat mengendarai sepeda motor.

Dia juga menaruh harapan, edukasi ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara, salah satunya mematuhi lalu lintas, dan mengenakan perlengkapan berkendara sesuai standar seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.  

"Kami berharap, edukasi keselamatan berkendara yang kami berikan ini dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Agar berkendara lebih aman dan selamat sampai ke tempat tujuan,” tutup Noval.

Sementara itu salah satu peserta edukasi, Reval Ade mengaku, ”Setelah mengikuti pelatihan ini saya jadi lebih tahu dan bisa mengoreksi kesalahan yang dilakukan saat mengendarai motor. Misalnya posisi berkendara yang benar dan pengereman," tutur Ade.

Dia pun menilai, program ini sangat bagus dan bermanfaat karena memberikan pengetahuan teknik safety riding yang dibutuhkan. 

"Saya akan menginformasikan juga kepada teman-teman dan keluarga saya mengenai hal ini,” tandasnya.[KC06]