Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lomba Lato-lato Sambil Zikir Pecahkan Rekor

PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Lomba lato – lato tingkat dunia yang digelar di Kota Bengkulu berlangsung sangat meriah.

Perlombaan tersebut digelar di Kota Merah Putih, Kelurahan Pekan Sabtu, Minggu pagi (12/3). Ajang perlombaan tersebut diikuti oleh ribuan peserta, tampak dari para pelajar mulai dari SD – SMP memadati lokasi perlombaan.

Meski lokasi masih becek usai hujan tadi malam, tak menyurutkan semangat para pelajar. Mereka tetap bersemangat memainkan lato-lato sembari berzikir dan berselawat seperti yang diajarkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Adapun kategori penilaian dari para juri untuk lomba lato-lato yakni ketahanan bermain (waktu ditentukan juri selama 10 menit), gaya bermain serta penilaian lantunan zikir.

Saat pembukaan, Walikota Helmi begitu senang perlombaan lato-lato menarik antusias para pelajar. Ia mengatakan, lomba lato-lato sengaja digelar karena banyak anak-anak yang menyukainya, tetapi lomba ini berbeda dengan lomba di daerah lain. Disini, Helmi juga menjadikan lomba tersebut menjadi ladang ibadah karena saat bermain diiringi zikir.

“Maka lato-lato ini yang katanya sia-sia dan banyak orang yang juga memarahi serta melarang tetapi Pemerintah Kota Bengkulu justru berpikir bagaimana kemudian kegiatan yang disenangi anak-anak, disenangi sebagian masyarakat kita jadikan menjadi kegiatan yang punya nilai ibadah, dengan bermain lato-lato ditambah dengan dzikrullah, insya allah permainan tadi akan mendapat rida Allah,” tuturnya.

Karena menurut Helmi, selain menyenangkan, lomba lato-lato harus bernilai ibadah. Jadi permainan tersebut tak akan sia-sia.

“Permainan yang menyenangkan bagi anak-anak dan menyenangkan bagi kita ini dibuat bukan hanya menyenangkan tetapi juga bernilai ibadah. Maka itu, pemerintah mengajak kita bersama-sama untuk tidak selalu memandang sesuatu itu, termasuk lato-lato dari kacamata tidak baik,” jelasnya.

Salah satu siswa bernama Muhammad Dari dari SD 24 mengaku bahagia bisa ikut serta lomba lato-lato yang digelar Walikota Helmi Hasan. Meski tak menang, dirinya tetap bahagia karena banyak bertemu teman-teman sebayanya sembari bermain lato-lato.

“Senang om, apalagi banyak kawan main lato-latonyo. Pokoknyo senanglah om,” ujarnya saat ditanya tim Media Center. (Adv)