Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rawat Nama Baik Pariwisata Bengkulu

Senator Riri Damayanti John Latief 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Setelah Pandemi Covid-19 dinyatakan telah terkendali, sektor pariwisata mulai menggeliat. Bahkan pada tahun lalu, hasil poling tentang destinasi pariwisata terbaik di dunia yang disiarkan salah satu media televisi swasta ternama di Amerika Serikat mengatakan tujuan pariwisata yang paling aman dan menarik adalah Indonesia.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, dunia pariwisata Tanah Air saat ini sedang mengalami proses kebangkitan kembali setelah sempat terseok-seok bertahun-tahun pada saat Pandemi Covid-19.

"Di antara tujuan destinasi wisata di Tanah Air, Provinsi Bengkulu memiliki tempat wisata yang komplet. Di Bengkulu, pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan alam, tapi juga bisa menyaksikan bangunan bersejarah, festival budaya, flora dan fauna langka, dan lain-lain," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Selasa (28/2/2023).

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menekankan pentingnya merawat nama baik pariwisata di Bumi Rafflesia, menyusul viralnya informasi tentang kawasan wisata Kota Tuo di Kota Bengkulu yang ambruk dan ditutup sementara untuk pengunjung.

"Rusaknya bangunan destinasi wisata ini harus jadi bahan evaluasi buat pembangunan-pembangunan berikutnya seperti rencana pembangunan jembatan elevated di Danau Dendam Tak Sudah. Jangan sampai baru dibangun langsung rusak. Atau bertahun-tahun terbengkalai seperti View Tower dan juga Mess Pemda," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menjelaskan, tren wisatawan paska Pandemi Covid-19 adalah mencari negara-negara tropis yang hangat, memiliki pantai yang bagus dan nyaman untuk surfing, kemudian memiliki keamanan yang baik dan warga yang ramah.

"Allah memberikan anugrah yang begitu besar untuk Bengkulu dari segi pariwisata. Bengkulu punya banyak sekali pantai yang bagus. Sayang sekali kalau semua potensi ini tidak dibarengi dengan keamanan dan kenyamanan yang kondusif," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Putri Ketua DPD Kaukus Perempuan Politik Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief ini menambahkan, pemerintah daerah perlu mencermati potensi wisata halal mengingat hampir semua kabupaten dan kota di Bumi Rafflesia memiliki potensi yang dapat didorong ke arah tersebut.

"Di Bengkulu ada banyak masjid yang indah dan mampu menyajikan produk dan layanan pariwisata yang memenuhi kebutuhan wisatawan muslim untuk ibadah dan persyaratan lainnya sesuai dengan syariat Islam. Ini perlu dikaji dan kalau memang menjanjikan boleh segera diterapkan," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]