Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Launching MT-2 Tahun 2023, Pemkab Lebong Kejar IP 300

PedomanBengkulu.com, Lebong - Setelah berhasil mencapai indeks Pertanaman (IP) 200, Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) terus menggenjot peningkatan turun tanam menuju IP

300. Rabu (15/2/2023), bertempat di Desa Embong Kecamatan Uram Jaya, dilaksanakan Launching MT-2 dalam rangka peningkatan IP dan gerakan pengendalian massal Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Pelaksanaan MT-2 di Desa Embong tersebut, termasuk lebih cepat dari target sebelumnya pada bulan April 2023.

Tentunya antusiasme petani Desa Embong tersebut, sewajarnya ikut didukung oleh seluruh masyarakat petani sawah dengan ikut serta dalam gerakan MT-2 tahun 2023.
Sebagai daerah yang mayoritas sebagai petani sawah, tentunya pemerintah Kabupaten Lebong akan memberikan pendampingan, agar cita-cita peningkatan IP juga diikuti meningkatnya ekonomi masyarakat.

"Hari ini kita launching perdana MT-2 di Uram Jaya, yang proses percepatan tanam keduanya termasuk cepat. Alhamdulillah, sesuai program prioritas kita agar hamparan sawah ini bisa dimanfaatkan secara maksimal dan hasilnya meningkat," ungkap Bupati Lebong Kopli Ansori usai acara launching MT-2 Rabu (15/5/2023) siang.

Ditambahkan Bupati Kopli, kendati lebih cepat dari jadwal sebelumnya, pemerintah tetap memberikan pendampingan kepada masyarakat petani yang ikut serta MT-2. Untuk Pemkab Lebong sendiri, lanjut Bupati Kopli, untuk memaksimalkan pelaksanaan program MT-2, selain penguatan pendampingan bagi petani, juga akan menyediakan sejumlah program pendukung lainnya bagi para petani.

"Sektor pertanian memang kita sangat prioritas sekali, untuk mendukung program-program yang sifatnya untuk meningkatkan hasil gabah petani, seperti penyediaan benih, handtraktor, termasuk juga pembangunan sarana irigasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo dalam kesempatan itu menjelaskan, bahwa luasan areal persawahan di Desa Embong sebanyak 56 hektar yang dikelola oleh 4 Kelompok Tani (Poktan). Sebelumnya mereka sudah memanen yang turun tanam pada September – Oktober 2022 lalu. Kemudian ketika panen pada Bulan Januari 2023, berdasarkan hasil ubinan pihak Disperkan Lebonh hasil panen cukup signifikan berkisar 5,6 ton gabah perhektarnya.

"Sebenarnya ini percepatan tanam yang kedua. Sementara, jadwal MT-2 kita itu di bulan April. Artinya, di sini nanti sangat besar potensinya untuk melaksanakan IP 300. Pendampingan yang kami berikan melalui rekan-rekan penyuluh, nanti akan lebih optimal agar cita-cita petani mendapatkan hasil yang melimpah bisa terwujud," sampai Hedi.

Selain Bupati, acara launching MT-2 di Desa Embong juga dihadiri Kapolres AKBP Awilzan SIK, Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol M Moch Renaldy Herbowo, Kepala BPS Lebong Yuniarto, Sekda Lebong Mustarani Abidin, sejumlah Kepala OPD, Camat Uram Jaya, Kades dan jajaran Disperkan Lebong.[spy]