Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Apresiasi Pemprov Bengkulu Terkait Tata Kelola Pendidikan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Raihan medali emas yang diperoleh Zaqia Salsabilah, pelajar SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan di ajang Kompetisi Nasional bertajuk Olimpiade Pelajar Nasional - Sumpah Pemuda (OPN-SP) tahun 2022 mata pelajaran Biologi menjadi bukti keberhasilan Pemerintah Provinsi dalam mengelola pendidikan di Bengkulu.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Rafflesia patut mendapatkan acungan jempol. 

"Mencetak siswa berprestasi bukan perkara yang mudah. Mesti didukung oleh suasana yang kondusif. Tidak cukup dengan pembelajaran yang bersifat administratif. Adanya siswa yang menjuarai Olimpiade Pelajar Nasional bukti keberhasilan Pemerintah Provinsi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Bengkulu," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Rabu (14/12/2022).

Alumni SMA Negeri 6 Kota Bengkulu ini menjelaskan, salah satu kebijakan yang positif adalah dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 420/2176/DIKBUD/2021 tentang Pelaksanaan Pembiayaan Pada Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB di Provinsi Bengkulu yang menjadi dasar pembebasan SPP/IPP atau nama lainnya.

"Edaran itu juga menjadi dasar larangan melakukan pungutan yang dijadikan persyaratan akademik untuk penerimaan peserta didik, penilaian hasil belajar peserta didik dan atau kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Jadi kalau masih ada pungutan di sekolah menengah atas masyarakat boleh melapor," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini mengungkapkan, anggaran Rp1 miliar yang dikabarkan akan dimasukan dalam APBD tahun 2023 untuk pelajar berprestasi yang pernah menjadi ketua OSIS adalah satu terobosan hebat Pemerintah Provinsi Bengkulu.

"Saya baca Pak Gub sendiri yang bilang kalau anggarannya bakal dikasih langsung untuk biaya hidup, uang kuliah, semua diberikan sampai tamat. Ini terobosan hebat. Ada juga beasiswa untuk ratusan mahasiswa dan mahasiswi berprestasi. Mudah-mudahan dengan terobosan-terobosan ini para pelajar Bengkulu bisa termotivasi untuk berorganisasi dan meraih prestasi," sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini optimis, berbagai kebijakan Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut dapat meningkatkan semangat seluruh SMA Negeri di Provinsi Bengkulu untuk menjadi yang terbaik.

"Sejauh ini saya lihat baru ada 2 SMA Negeri terbaik di Bengkulu yang masuk dalam Top 1000 SMA terbaik yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sesuai dengan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022. Semoga tahun depan semakin banyak SMA Negeri di Bengkulu yang berkualitas," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [**]