Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Festival Drumband se-Kabupaten Lebong Disambut Masyarakat Dengan Antusias


PedomanBengkulu.com, Lebong - Festival Drumband Persatuan Drumband Indonesia (PDBI), dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Lebong ke 19 Lebong. 

Berlangsung dilapangan pendopo Rumdin Bupati Lebong, Senin (12/12/2022). Dipadati ribuan masyarakat yang begitu antusias ingin melihat performa peserta Festival Drumband dari tingkat TK/SD/SMP/SMA sederajat se-Kabupaten Lebong, memperebutkan Piala bergilir Bupati Lebong dan Piala Ketua Umum PDBI Lebong. Acara begitu semarak dengan banyaknya jumlah peserta dari keseluruhan group mencapai dari 600-an orang lebih, diitambah dengan kehadiran para orang tua dan pendukung masing-masing group.

Acara pembukaan yang dihadiri langsung Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Sekda Lebong Mustarani Abidin, Pabung TNI Mayor Inf. L Damanik, Kabag Ops Polres Lebong AKP Andi Ahmad Bustanil, Perwakilan Kejari Lebong Hendrizal. Kemudian sejumlah Kepala OPD dan Pengurus PDBI Kabupaten Lebong.

Dalam laporannya, Ketua Harian Pengkab PDBI Lebong, Serda Sawaluddin mewakili Wabup Lebong Fahrurrozi selaku Ketua Umum PDBI Lebong menyampaikan, bahwa kegiatan Festival Drumband Piala Bupati Lebong dan Ketua Umum PDBI Lebong tersebut, diikuti 15 peserta dari semua tingkatan TK/SD/SMP/SMA sederajat se-Kabupaten Lebong. Sumber dana pelaksanaan kegiatan berdasarkan iuran anggota PDBI dan donatur dari hasil proposal keliling.

"Kendati pun tidak bukan dari salah satu kegiatan HUT Kabupaten Lebong yang masuk DPA (dokumen penggunaan anggaran,red) HUT Lebong, kami (PDBI,red) tetap semangat menggelar Festival Drumband ini dengan modal swadaya anggota PDBI dan bantuan para donatur dari beberapa instansi," ungkap Sawaluddin.

Sementara itu, Sekda Lebong Mustarani Abidin mewakili Pemkab Lebong yang membuka acara Festival Drumband se-Kabupaten Lebong tersebut menyampaikan, pihaknya tetap berkomitmen mendukung pelaksanaan Festival Drumband se-Kabupaten yang digelar PDBI Lebong. Bahkan dijelaskan Sekda, bahwa kegiatan yang dilaksanakan Pengkab PDBI Lebong tersebut, sejauh diketahuinya selaku Ketua TAPD Lebong, tetapi masuk setelah selesai pembahasan anggaran.

"Sebagai komitmen dan rasa tanggung jawab kami (Pemkab Lebong,red), maka untuk juara I akan kami siapkan hadiah tambahan Rp.1 Juta, Juara II Rp 750 ribu dan Juara III Rp.500 ribu," sampai Sekda Mustarani.

Sementara itu, Bupati Lebong Kopli Ansori usai pembukaan menyampaikan apresiasinya kepada Pengkab PDBI Lebong yang sukses menggelar Festival Drumband Pelajar se-Kabupaten Lebong. Apalagi acaranya berhasil mengumpulkan jumlah peserta dan pendukung yang mencapai ribuan orang, ditambah lagi kehadiran para pedagang membuat geliat ekonomi di masyarakat, juga berdampak positif dari kegiatan yang dilaksanakan.

"Selamat dan sukses buat seluruh pengurus PDBI Lebong, untuk event selanjutnya akan didukung sepenuhnya oleh Pemkab Lebong," singkatnya.

Adapun penilaian tim Juri yang terdiri dari 5 orang, meliputi ketukan irama musik, Baris-berbaris, Kostum dan kreasi formasi. Berdasarkan hasil penilaian tim Juri, berikut rincian hasil Festival Drumband se-Kabupaten untuk tingkat TK, Juara 1 TK Akhlak Mulia, Juara II TK Aisyiah, Juara III TK Pembina Amen dan Juara IV TK Pembina Tes.

Kemudian untuk tingkat SD sederajat, juara I SDN 22 Lebong, Juara II SDN 67 Lebong, Juara III SDN 32 Lebong dan Juara IV SDN 16 Lebong. Selanjutnya untuk tingkat SMP sederajat, Juara I SMPN 1 Lebong, Juara II MTsN 1 Lebong, Juara III SMPN 5 Lebong dan Juara IV MTsN 2 Lebong. 

Kemudian untuk para juara tingkat SMA sederajat, Juara I SMAN I Lebong, Juara II SMAN 3 Lebong dan Juara III SMAN 5 Lebong. Sementara untuk akumulasi nilai juara umum tingkat TK dan SD, yang berhasil mendapatkan Piala Ketua Umum PDBI Lebong yakni SDN 22 Lebong. Sedangkan juara umum tingkat SMP dan SMA yang berhasil memboyong Piala bergilir Bupati Lebong yakni SMAN I Lebong.

Sedangkan untuk kategori Mayor dan Mayoret terbaik, untuk tingkat TK sebagai Mayor terbaik disabet Qionara Ganes (TK Akhlak Mulia). Sedangkan Mayoret terbaik tingkat TK disabet Anastas Valerie (TK Pembina Amen). Sedangkan untuk tingkat SD, Mayor terbaik diraih Mikail Labrie Aivaro (SDN 22 Lebong) dan Mayoret terbaik Stevani M Najwa Khaira Rosa (SDN 67 Lebong).

Sementara untuk tingkat SMP sederajat, Mayor terbaik diraih Duta Dinata (MTsN 1 Lebong) dan Mayoret terbaik Resa Nabila (SMPN 5 Lebong). Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat, untuk Mayoret terbaik diraih M. Surya Atzih (SMAN I Lebong) dan Windi Karnoli (SMAN 3 Lebong).[spy]