Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dilaunching Bupati Kopli Ansori, Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai Sekarang Bisa Akses Internet

PedomanBengkulu.com, Lebong - Bupati Lebong Kopli Ansori melaunching dan meresmikan jaringan telekomunikasi melalui internet berteknologi satelit atau Mangoesky Space untuk Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis, Selasa (27/12/2022). Dengan demikian, dua desa yang selama ini tidak terjangkau jaringan internet sama sekali ini, akhirnya bisa menikmati akses jaringan internet dengan sistem Wi-Fi dengan sistem tembak satelit langsung.

Dari beberapa wilayah di Kabupaten Lebong yang masih Blank spot atau tidak ada sinyal internet sama sekali, Pemkab Lebong melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), melaksanakan program penyediaan jaringan telekomunikasi melalui internet berteknologi satelit atau Mangoesky Space ini baru bisa dibangun di Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis. 

Atas peresmian alat jaringan internet sistem Mangoesky Space didesanya, Kepala Desa Sebelat Ulu  Ahmad Buhari didampingi Sekdes Sungai Lisai, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lebong Kopli Ansori dan jajaran Diskominfo SP Lebong. Selain membantu membuka akses informasi, juga memberikan kemudahan bagi pemerintahan desa maupun masyarakat, untuk mengakses teknologi informasi berbasis internet. Apalagi desa Sebelat Ulu sebelumnya sudah melaunching sebagai Desa Wisata, tentunya adanya jaringan internet tersebut akan sangat membantu pihaknya dalam promosi.

"Kami atasnama Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai, mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemkab Lebong khususnya Bupati Lebong Kopli Ansori, atas dibangunnya jaringan internet berteknologi satelit di desa kami," sampai Ahmad Buhari.

Kendatipun sebelumnya berharap dibangunnya tower BTS mini, sambungnya, dikarenakan melibatkan pihak provider dan harus pengajuan melalui proses yang panjang. Paling tidak apa yang sudah dibangun Pemkab Lebong pembangunan jaringan berbasis internet berteknologi satelit ini, membuat desa mereka yang selama ini tidak ada sinyal internet menjadi sangat terbantu.

"Sinyal internet akan sangat membantu dalam pelaksanaan roda pemerintahan, dan tentunya masyarakat kami akan semakin terbuka akan kemajuan dunia digitalisasi. Sekali lagi terima kasih kepada Bapak Bupati Kopli Ansori sudah merespon dengan cepat apa kendala kami selama ini, termasuk juga pembangunan akses jalan dan gedung sekolah yang dibangun didesa kami," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Lebong Kopli Ansori dalam kesempatan itu menyampaikan, semua prasarana yang sudah dibangun oleh Pemkab Lebong agar sama-sama dijaga, agar pemanfaatan teknologi internet dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Diera digitalisasi seperti sekarang, dirinya berharap teknologi internet dapat digunakan sebaik-baiknya untuk pengetahuan dan promosi potensi yang dimiliki desa. Secara bertahap saat ini baru membangun jaringan internet berkuota, kedepannya semoga usulan pendirian Tower BTS mini juga dapat direalisasikan. 

"Memang sebelumnya ada beberapa desa yang belum tersentuh sinyal internet di Kabupaten Lebong, sejak lama sudah diusulkan ke pihak provider. Namun terkendala sejumlah persyaratan khususnya di Sungai Lisai, maka Pemkab Lebong mengambil inisiatif pembangunan jaringan berbasis satelit atau jaringan Mangoesky Space," ucap Bupati Kopli.

Dilanjutkan Kopli, kegiatan pembangunan jaringan Mangoesky Space, ini semua dilaksanakan agar adanya pemerataan, dalam mengakses teknologi informasi berbasis internet bagi masyarakat. Program tersebut akan tetap difokuskan kedepannya supaya masyarakat Kabupaten Lebong, tidak ketinggalan informasi diera yang serba digitalisasi.

"Adanya jaringan internet ini, harapan kami bisa dimanfaatkan secara positif, seperti sektor pemerintahan dan pendidikan. Karena tanpa jaringan internet, tentunya berdampak ketertinggalan informasi bagi masyarakat. Pesan saya, alat internet yang sudah dibangun dapat dijaga dan masyarakat dapat menggunakannya secara berkelanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo SP Lebong Saprul menambahkan, sesuai anggaran yang ada tahun 2022 ini, pihaknya baru bisa melaksanakan pembangunan 

Jaringan telekomunikasi melalui internet berteknologi satelit di Desae Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis.

Secara bertahap, lanjutnya, jika pihak provider belum bisa secara menyeluruh menjangkau desa-desa yang masih Blank spot seperti Desa Tik Sirong Kecamatan Topos dan Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah. Tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengambil langkah untuk pembangunan sistem Mangoesky Space di wilayah tersebut.

"Tahun ini baru di Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai, kita bangun jaringan telekomunikasi sistem Mangoesky Space. Tidak menutup kemungkinan tahun depan wilayah Desa Tik Sirong dan Danau Liang jika belum tersentuh jaringan provider, akan dilaksanakan pembangunan tembak satelit Mangoesky Space juga. Yang jelas kita akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak provider penyedia layanan internet," pungkasnya.[spy]