Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Di 2023, Senator Riri Berharap Sejumlah Masalah Bengkulu Ini Tidak Terjadi

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Salah satu peran penting Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia untuk kemajuan bangsa adalah melakukan fungsi pengawasan. Pengawasan itu dilakukan terkait pengawasan kelembagaan maupun pengawasan perseorangan terkait pelaksanaan undang-undang oleh pemerintah daerah.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mencatat enam masalah Bengkulu yang cukup krusial yang menurutnya perlu diperhatikan oleh sejumlah kementerian terkait sehingga persoalan yang sama tidak kembali terjadi dan menyusahkan masyarakat.

"Pertama soal banjir. Sepanjang tahun 2022 ini masih sering terjadi bahkan di beberapa daerah sampai menghilangkan nyawa. Upaya terpadu dan sistematis sangat diperlukan untuk menyelesaikan persoalan banjir di Bengkulu secara menyeluruh," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (26/12/2022).

Wakil Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu ini juga mencatat seringnya terjadi kelangkaan dan mahalnya harga gas gas elpiji 3 kilogram sehingga membuat kalangan masyarakat menengah ke bawah mengalami kesusahan.

"Juga termasuk kelangkaan bahan bakar minyak jenis tertentu. Kasihan masyarakat untuk mendapatkan sumber energi ini harus antri berlama-lama sehingga banyak waktunya yang terbuang secara tidak produktif. Semoga hal seperti ini tidak terjadi di 2023," harap Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Penasehat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Bengkulu ini melanjutkan, ia juga berharap tidak adanya kriminalisasi terhadap para petani dalam penyelesaian konflik agraria yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan perkebunan.

"Kepada saya masyarakat juga mengeluhkan masalah ketersediaan pupuk. Kalaupun tersedia, harganya semakin mahal dan ini sangat memberatkan bagi petani. Sekitar pertengahan bulan Oktober 2022 kemarin saya dengar bahkan di Rejang Lebong petani sampai harus berhutang ke tengkulak untuk bertahan hidup salah satunya karena soal pupuk ini," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan, tak kalah penting adalah perlunya perbaikan infrastruktur untuk perbaikan ekonomi masyarakat, bahkan mencegah terjadinya kehilangan nyawa di tengah-tengah masyarakat.

"Pernah terjadi di Bengkulu Selatan sekitar bulan April 2022 kemarin jembatan ambruk sampai mengakibatkan dua orang meninggal dunia. Insya Allah semua masalah ini akan saya sampaikan kepada kementerian terkait untuk direspon sehingga di 2023 masalah-masalah seperti ini tidak sampai terjadi kembali," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]