Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lapas Curup Jalin Kerjasama Pembinaan Keterampilan Warga Binaan

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong- Kepala Kantor Wilayah Kementria Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu  Erfan SH MH meresmikan 5 kerjasama pembinaan keterampilan dan spiritual terhada Napi di Lembaga Pemasyarakata  kelas II A Curup. Kerjasama dilakukan dengan 5 mitra kerja  yakni Yayasan Dwin Foundantion, kemudian Lembaga Keterampilan Setio Rini, Selanjutnya Yayasan Perjuangan Wahidiyah dan Ponpes Kudonglo Bengkulu, kerjasama dengan Dokter Dev Azhari serta kerjasama dengan Peternakan Unggas Irlayati Farm.

“Saya sangat meapresiasi sekali terkait dengan kegiatan-kegiatan warga binaan Lapas Curup, ini luar biasa, sebelumnya saya pernah kesini, perubahannya luar biasa sekali,banyak sekali keterampilan-ketermapilan yang diberikan,” kata Erfan disela kunjungannya ke Lapas Kelas IIA Curup, Kamis (8/9/2022).

Melalui program pelatihan tersebut, menurutnya para warga binaan dapat memanfaatkan waktu yang baik untuk menempa diri lebih baik, sehingga tidak ada waktu yang sia-sia.

“Selain itu kegiatan lain seperti kerohanian seperti mengaji dan sebagainya juga dilakukan, sehingga disamping kemampuan secara fisik, secara batiniah mereka juga diberikan pemahaman, sehingga tidak pemikiran mereka untuk berbuat yang macam-macam,” imbuhnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Curup, Bambang Wijanarko menambahkan, kunjungan Kakanwil Kemenkum HAM Bengkulu sendiri dalam rangka penandatangan kerjasama dengan mitra kerja baik dibidang pelatihan maupun bidang keagamaan, selain itu kunjungan Kakanwil juga sekaligus panen perdana jamur tiram.

Disisi lain dia mengungkapkan, saat ini Lapas Kelas IIA Curup telah menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari berbagai usaha para warga binaan, bahkan PNBP yang terhimpun telah mencapai target.

“Alhamdulilah untuk PNBP yang ditargetkan Dirjen Pemasyarakatan sebesar Rp 20 juta, saat ini memasuki bulan September sudah mencapai 100 persen, mudah-mudahan kedepan dapat ditingkatkan dengan adanya kegiatan yang banyak di Lapas,” pungkasnya.

Penandatanganan kerjasama sendiri disaksikan langsung oleh Kakanwil Kemenkum HAM Bengkulu, Kadiv Administrasi, Johan Manurung, Kadiv Pemasyarakatan, Rudi F Sianturi serta dihadiri Anggota DPRD Rejang Lebong, Putra Mas Wigoro. (Julkifli Sembiring)