Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Setiap KK di Sukau Datang I Tahun Ini Mendapatkan Unggas dan Bibit Tanaman

PedomanBengkulu.com, Lebong - Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat, tahun 2022 dari ploting anggaran Dana Desa (DD) di Desa Sukau Datang I Kecamatan Tubei setiap kepala keluarga (KK) akan mendapatkan bantuan dari program ketahanan pangan secara merata. Dimana untuk ketahanan pangan hewani akan dilakukan pembagian unggas jenis Ayam. Kemudian ketahanan pangan nabati, pembagian Bibit durian Montong. Selain membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi, juga sebagai langkah penghijauan  perkebunan produktif, diharapkan mampu memberikan kontribusi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Program ketahanan pangan ini kami realisasikan pada tahap kedua nanti. Ini sesuai Perpres nomor 104 tahun 2021 terkait alokasi 20 persen DD untuk ketahanan pangan," ungkap Suan selaku Kades Sukau Datang I kepada PedomanBengkulu.com Kamis (7/7/2022) pagi.

Dijelaskan Suan, sesuai kesepakatan dan hasil musyawarah penetapan kegiatan desa, Tahun 2022 memang tidak ada program kegiatan fisik. Namun tetap mengacu ketepatan pemerintah terkait pembagian kuota alokasi DD setiap persennya. Seperti untuk BLT 40 persen, Ketahanan Pangan 20 persen, Penanggulangan Covid-19 sebesar 8 persen. 

"Sedangkan sisa sebanyak 32 persen dari total pagu DD Sukau Datang I, lebih diprioritaskan pada kegiatan pemberdayaan dan penguatan pemerintah desa dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat," bebernya.

Salah satu program pemberdayaan desa, lanjut Suan, yang akan dilaksanakan Pemdes Sukau Datang I tahun ini meliputi program dukungan pencegahan Stunting. Seperti sosialisasi dan pencegahan pernikahan dini, serta peningkatan edukasi kesehatan keluarga, dalam rangka mendukung pemerintah melaksanakan pencegahan Stunting di Kabupaten Lebong.

"Selain pencegahan Stunting, juga ada program peningkatan kegiatan Posyandu, Pelatihan kapasitas anggota BPD dan beberapa kegiatan sosialisasi bagi masyarakat lainnya," singkatnya.[spy]