Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Promotif dan Preventif, BPJS Kesehatan Bengkulu Gelar Senam Prolanis di 33 Titik Puskesmas

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai salah satu upaya promotif dan preventif bagi peserta JKN, khususnya peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dalam melakukan perubahan perilaku hidup sehat, BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu menggelar kegiatan Pekan Senam Prolanis bagi peserta JKN Serentak atau disingkat Pekan Semangat di 33 titik Puskesmas di Kota Bengkulu.

Kegiatan ini juga bertepatan dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-54 BPJS Kesehatan. Rangkaian kegiatan di mulai senam bersama peserta Prolanis yang dilanjutkan dengan Edukasi Klub Prolanis serta pemeriksaan kesehatan (pemeriksaan penunjang prolanis) bekerjasama dengan Lab Kimia Farma Bengkulu. Kegiatan senam serentak ini dihadiri 761 peserta yang tersebar di 33 titik Puskesmas, Sabtu (23/07).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Adian Fitria menjelaskan bahwa kegiatan senam dan pemeriksaan kesehatan ini berguna dalam upaya menekan angka penyakit tidak menular yang trend nya saat ini meningkat setiap tahunnya.

”Seperti kita tahu bahwa penyakit diabetes melitus dan hipertensi saat ini sudah banyak yang terkena, bahkan pada usia muda pun sudah ada yang terkena dan apabila tidak dilakukan upaya promotif dan preventif seperti senam sehat dan olah raga rutin penyakit ini bisa mengarah ke penyakit katastropik seperti penyakit jantung, cuci darah dan banyak lagi,”  ujar Adian.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sidomulyo Kota Bengkulu, Lesti mengaku senang dengan pelaksanaan kegiatan Pekan Senam Prolanis bagi Peserta JKN Serentak yang dilaksanakan di Puskesmasnya.

“Dengan adanya pelaksaan Pekan Semangat yang salah satunya dilaksanakan di sini saya berharap kelompok Prolanis yang sudah terbentuk selama ini akan lebih semangat dalam melakukan senam ini. Kita lihat sendiri ibu-ibu Prolanis ketika acara ini mereka sangat bersemangat dalam ikut berpartisipasi,” kata Lesti.

Prolanis sendiri merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis. Untuk di BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu peserta Prolanis hipertensi sebanyak 3.349 orang sementara untuk peserta Prolanis diabetes Melitus sebanyak 1.519 peserta.[Rls]