Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lebong Miliki Potensi Luar Biasa untuk Wisata Olahraga Paralayang

PedomanBengkulu.com, Lebong - Pemkab Lebong melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) selama dua hari sejak Minggu (03/07/2022) dan Senin (04/07/2022) menggelar uji coba penerbangan Paralayang dari Puncak Bukit Pabes Kabupaten Lebong. Untuk hari pertama dilakukan secara solo dengan dua Paralayang. Kemudian untuk hari kedua, dilakukan uji coba terbang secara tandem atau berdua dalam satu paralayang. Dari kesemua hasil uji coba penerbangan Paralayang tersebut, memastikan bahwa Kabupaten Lebong mempunyai potensi yang luar biasa, untuk pengembangan wisata olahraga Paralayang. 

Seperti diungkapkan Gendon Subandono alias Bang Get, selaku  Instruktur Paralayang Nasional sekaligus pengelola Paralayang Merapi Bogor, selama dua hari melakukan uji coba penerbangan Paralayang dari Puncak Bukit Pabes, dirinya menyampaikan kekagumannya akan potensi bentang alam dan keindahan bumi Swarang Patang Stumang. 

"Lebong punya potensi sangat besar untuk wisata olahraga Paralayang. Bayangkan saja kita terbang terbang, seperti diatas mangkok tapi menyajikan alam yang begitu indah, dan juga kita bisa mengitari Ibukota Kabupaten Lebong. Potensi besar seperti yang dimiliki Kabupaten Lebong ini tidak ada di daerah lain," ungkap Bang Get usai terbang tandem bersama atlet Nasional Paralayang Derry, Senin (04/07/2022) siang.

Bang Get juga menyebutkan bahwa Kabupaten Lebong punya potensi besar, untuk pengembangan wisata olahraga Paralayang. Bahkan dirinya yakin jika wisata olahraga Paralayang nantinya sudah dimulai, bukan hanya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) tetapi juga menjadi magnet untuk pengembangan sektor ekonomi masyarakat lainnya.

"Saya yakin jika wisata olahraga Paralayang sudah berjalan, ini akan jadi magnet peningkatan ekonomi secara luas. Kalau kita bicara olahraganya, maka hanya prestasi Atlet dan kaitannya hanya pada pemerintah saja. Tapi kalau bicara sektor wisata, dari kedatangan para pelancong juga akan memberikan dampak yang besar sektor ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi unsur Forkompinda Kabupaten Lebong terlihat sangat puas melihat uji coba selama dua hari memberikan hasil yang maksimal. Bupati Kopli juga menyampaikan pihaknya sangat serius untuk mengembangkan wisata olahraga Paralayang di Kabupaten Lebong. 

"Alhamdulillah, setelah kemarin sudah uji coba untuk perseorangan, hari ini kita lakukan uji coba secara tandem (berpenumpang,red) juga Alhamdulillah sukses," sampai Bupati Kopli.

Ditambahkan Kopli, untuk mendukung pengembangan wisata olahraga Paralayang, tentunya kelengkapan sarana dan prasarana olahraga wisata Paralayang di Kabupaten Lebong, juga harus dilengkapi. Seperti peralatan Paralayang, jalur pendakian ke puncak Bukit Pabes, lapangan take off serta penetapan lokasi strategis untuk landing Paralayang.

"Mohon do'anya Insyah Allah tahun 2023 nanti, kita akan siapkan seluruh sarana dan prasarananya," singkatnya.[spy]