Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pentingnya Cakap Digital Generasi Milenial di Era Modern

 


PedomanBengkulu.com - Era globalisasi di masa sekarang membuat khalayak dapat mengakses seluruh teknologi modern dengan cepat dan efisien. Terutama dalam pengaksesan informasi dan data-data. Di era sekarang, seluruh informasi maupun data yang diperlukan dapat diperoleh secara detail tidak hanya berupa angka melainkan juga mulai dari gambar, video, suara, maupun tulisan. Data-data tersebut dapat diperoleh oleh siapapun dan dimana pun secara gratis maupun berbayar pada media-media platform sosial. Tujuan daripada cakap digital di era saat ini ialah setiap individu dapat memanfaatkan teknologi sebagai komunikasi dengan adanya teknologi-teknologi digital, seperti mampu mengelola, menggunakan, mendapatkan, membagikan informasi dan juga dapat mengevaluasinya secara kritis, bijak dan bertanggung jawab.

Menuju era serba digitalisasi, kebutuhan literasi digital merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya kecakapan menggunakan media digital mampu mendorong pola pikir setiap individu untuk dapat berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam berkomunikasi maupun pada pemecahan masalah. Tidak dapat dipungkiri lagi pada era saat ini, seluruh aspek dalam kehidupan tidak bisa lepas dari teknologi. Oleh sebab itu, literasi digital menjadi hal yang sangat penting dan bermanfaat. Terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan terutama dalam lingkup sosial dapat dialihfungsikan melalui media-media digital. Setiap individu perlu menguasai literasi digital untuk dapat memperoleh informasi dalam berkecimpung di dunia modern. Namun dibalik itu, perlunya menunjang aktualitas, antisipasi, selektif dan pembelajaran terkait bagaimana memilah informasi yang kredibel.

Setiap individu di era disrupsi sekarang sudah pastinya ingin memperoleh layanan yang cepat, efektif dan berkualitas. Oleh sebab itu, banyak jasa pelayanan yang bersangkutan dengan teknologi digital sekarang berupaya keras dalam menciptakan pembaharuan teknologi yang mampu membantu kegiatan manusia sehari-hari. Kemajuan yang pesat ini harusnya dijadikan sebuah pembelajaran setiap individu untuk menjadi adaptif terhadap perkembangan zaman. Apabila cakap literasi digital tidak dioptimalkan, maka individu akan mengalami sulitnya akses informasi, kurangnya pemahaman media digital maupun goyah akan ancaman hoaks yang turut berjalan seiring berkembangnya kemajuan teknologi digital. Cakap digital yang menjadi keharusan sekarang apabila tidak diimbangi dengan kecerdasan menggunakan perangkat digital maka akan memberikan dampak negatif bagi setiap individu. Tidak hanya dalam menggunakan dan menyebarkan informasi saja, tapi diperlukan pola pikir dan kemampuan yang kritis dalam menelaah dan mengevaluasi setiap isi informasi yang akan dicerna. Literasi digital bukan hanya berarti semata-mata terkait penguasaan dan keterampilan menggunakan teknologi digital seperti akses internet, komputer atau gawai, namun lebih luas terkait menyeimbangkan antara literasi dan kecakapan pengetahuan kognitif, berpikir logis, analitis, kritis dan kecakapan menjalankan media digital. Dari kecakapan akan literasi digital, banyak sekali manfaat yang diperoleh, seperti efisiensi waktu, ekonomis, memperluas jaringan, kecepatan memperoleh informasi, pemecahan masalah, kemudian memperkaya pengetahuan dan keterampilan.

Beraneka konten yang bertebaran di dunia maya baik dari media sosial, platform berita, platform sosial yang bersifat hiburan, dapat diakses dengan mudahnya pada kemajuan teknologi digital. Oleh sebab itu, kita harus memahami betapa pentingnya literasi digital di era generasi milenial. Generasi milenial nantinya harus menjadi generasi yang pandai dalam mengelola media informasi digital. Mengasah kemampuan pola pikir agar terhindar dari isu-isu hoaks maupun provokatif dan juga penipuan.

Dhinda Azahra (D1C019062)

S1 Jurnalistik

Universitas Bengkulu

Dhindaazahra04@gmail.com