Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Literasi Digital Mengenai Budaya Digital di Era Sekarang


PedomanBengkulu.com - Berdasarkan KKBI bahwa budaya adalah sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang. Sedangkan Digital adalah sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu. Hubungan sistem ini berkaitan dengan representasi kegunaan komputer.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa budaya digital adalah Suatu sistem perubahan pola pikir masyarakatmdalam menghadapi sistem transformasi informasi dalam bentuk format digital yang didukung dengan kegunaan komputer dan internet.

Menurut hasil analisa Saya, bahwa budaya digital yang terjadi sekarang ini terus berkembang dan terus mengalami peningkatan dalam dua posisi yakni budaya digital akses informasi menggunakan teknologi dalam hal pencarian informasi dan budaya digital akses informasi menggunakan dalam sosial media. Budaya digital sekarang ini semakin banyak masyarakat menerapkannya dan memanfaatkannya dalam berbagai hal berdasakan kebiasaan dan kegiataan masing-masing. 

Banyak kita dapatkan sekarang ini masyarakat berubah dalam mengakses informasi serta mengerjakan sesuatu yang serba online. Dahulu ketika masyarakat belum mengenal digital masyarakat cenderung face to face atau bersifat harmonis sedangkan sekarang masyarakat lebih individualisme lebih menyendiri dan lebih mefokuskan diri pada smartphone atau teknologinya. 

Budaya digital telah mengubah pola kehidupan masyarakat dari masyarakat primitif ke masyarakat yang melek digital. Digital ini juga telah membuat hubungan masyarakat cenderung perhatian dengan teknologinya dibanding dengan lingkungannya. Apalagi dimasa pandemi covid-19 pada saat ini, semua belajar dari rumah dan kerja dari rumah secara online. Anak milenial atau anak sekolahan yang selogiannya tidak diperbolehkan menggunakan smartphone diperbolehkan karena belajar daring.

Akan tetapi, lain lagi terdapat anak sekolahan memanfaatkan kesempatan tersebut dalam hal-hal dunia hiburan atau dunia permainan berupa game dan lainnya serta aktif sosial media seperti facebook, instagram, messenger dll. Nah, hal ini juga berpengaruh dengan budaya digital yang terjadi sekarang ini. Banyak anak-anak terjerumus kehal-hal yang kurang baik dan suka share informasi yang sifat hoax karena tidak memahami dan menfilter. Sehingga anak-anak lebih

menyukai dunia seperti itu ketimbang menyukai dunia pembelajaran. Nah, ini sebenarnya yang terjadi dengan budaya digital sekarang ini.

Penulis: Muhammad Hanafi (D1C019032) Universitas Bengkulu