Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Penting! Ini Komponen Sepeda Motor Yang Harus Diperiksa Pasca Mudik

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Setelah melakukan perjalanan jauh pasca mudik lebaran, ada baiknya untuk tetap memperhatikan performa sepeda motor.

Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu, Rangga Noviar, menjelaskan pentingnya mengecek kembali komponen-komponen yang ada di sepeda motor pasca mudik untuk mengembalikan performa motor agar tetap optimal untuk digunakan kembali pada aktivitas sehari-hari.

“Beberapa komponen perlu dicek karena terjadi perubahan saat digunakan untuk perjalanan jauh, pastikan komponen tersebut dalam keadaan baik sebelum motor digunakan untuk beraktivitas kembali,” terangnya.

Menurutnya, mengganti oli mesin dan juga oli transmisi merupakan hal yang wajib dilakukan setelah melakukan perjalanan mudik walaupun cuma dipakai ratusan kilometer, tapi oli bisa menjadi lebih encer karena bekerja terus menerus untuk melumasi mesin.

Untuk motor yang menghantam lubang atau pun terjatuh saat perjalanan, perlu pemeriksaan kestabilan motor untuk dicek lebih lanjut bagian yang mengalami kerusakan.

"Pemeriksaan bagian bodi komstir, roda dan tekanan ban-nya, kelurusan setang, kelancaran handle gas, fungsi rem depan, dan belakang, dan juga suspensi depan-belakang," ungkap dia.

Kekencangan dan keausan rantai motor juga harus diperhatikan. Sedangkan pengguna motor matic bisa memeriksakan V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya.

"Setelah dipakai jarak jauh, rantai motor bisa mengendur dan aus. Kalau dibiarkan bisa putus. Lain lagi kalau motor matic, CVT-nya dibuka untuk dibersihkan sekaligus memeriksa V-belt sama roller-rollernya," jelas Rangga Noviar.

Karburator atau Injector, sistem bahan bakar juga wajib diperiksa. Ada kemungkinan setelah dipakai perjalanan jauh settingan karburator akan berubah atau ada penumpukan kotorran di sistem Injeksi. Hal ini wajib disetting ulang dan dibersihkan untuk efektifitas dan efisiensi sistem bahan bakar Sepeda Motor.

Selain itu, sistem kelistrikan, lampu utama, lampu rem dan lampu sign motor juga harus dilakukan pengecekan untuk memastikan semuanya berfungsi secara normal.

"Untuk memastikan semuanya sesuai dengan standar pabrikan, selalu percayakan perawatan berkala sepeda motor Honda di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)," tutup Rangga. [Kucir.06]