Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Jangan Abai, Ini Perlengkapan yang Wajib Digunakan Saat Mengendarai Sepeda Motor

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sepeda motor adalah kendaraan yang paling sering digunakan karena dinilai lebih praktis, mudah dan juga lebih hemat. Tapi sayang masih banyak pengendara yang mengabaikan keselamatan saat mengendarainya. 

Menurut Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi, selain memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara. 

”Perlengkapan berkendara harus dipakai supaya tubuh terhindar dari efek benturan, terlindungi dari efek cuaca bahkan virus dan penyakit yang mengintai,” ujar Noval.

Nah, mau tau perlengkapan wajib apa yang harus digunakan saat berkendara sepeda motor? Berikut ulasannya. 

Helm berada diurutan paling awal yang harus digunakan dalam mengendarai sepeda motor karena helm berfungsi melindungi kepala dari dampak benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Contohnya, asap knalpot kendaraan lain yang tidak langsung terpapar ke mata saat menggunakan kaca helm dengan baik. Namun, di-klik tali helmnya juga menjadi hal yang tidak kalah penting dalam penggunaannya agar berfungsi dengan baik.

"Helm wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, pengendara juga akan terbebas dari sanksi tilang. Karena, tidak menggunakan helm saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah tindakan yang melanggar tertib lalu lintas," imbuhnya. 

Kemudian, untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan sengatan panas matahari saat di jalan pengendara harus menggunakan jaket.

Memakai sarung tangan dan celana panjang juga menjadi hal yang wajib dikenakan agar bagian tangan dan kaki terlindungi dari sengatan matahari bahkan melindunginya dari gesekan jika terjadi kecelakaan.

Menggunakan sepatu saat mengendarai sepeda motor sering dianggap sepele. Mengingat masih banyak pengendara yang memakai sendal dengan alasan lebih nyaman dan mudah digunakan. Padahal, menggunakan sepatu saat berkendara dapat mencegah kaki berkontak langsung dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin maupun memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal perseneling (model sport dan cub), juga saat menurunkan kaki bila kendaraan berhenti.

Selama pandemic Covid-19, masker menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dipakai semua orang. Tidak hanya saat berpergian ke tempat yang ramai saja, masker juga wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor agar terhindar dari terpaan debu. 

"Jadi, untuk #cari_aman selama berkendara menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu dan masker tidak boleh diabaikan," pesan Noval.

Diakhir keterangannya, Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu ini juga berpesan untuk berkendara aman dan sewajarnya serta harus berhati-hati. Jangan sampai karena ingin cepat sampai tujuan pengendara melaju dengan kecepatan tinggi. 

"Tetap fokus terhadap safety riding, harus menjaga kecepatan berkendara pada posisi aman. Karena dengan menjaga kecepatan dalam berkendara bisa menyelamatkan diri sendiri serta pengguna jalan lain. Jadi berkendaralah dengan sewajarnya, dan taati segala peraturan lalu lintas yang ada," pungkasnya.[Kucir.06]