Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Arus Mudik dan Balik Lebaran Lancar, Senator Riri Apresiasi Pihak-pihak Terkait


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Jutaan manusia bergerak dalam arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2022 ini. Bergeraknya manusia secara serentak dengan berbagai jenis kendaraan ini tampak terkelola dengan terencana sehingga lalu lintas masyarakat berjalan dengan kondusif.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, tahun ini tampak menjadi waktu tersibuk bagi pemerintah dalam membuat arus mudik dan arus balik berjalan lancar karena adanya eforia dari masyarakat yang sudah dua tahun mudiknya tertunda.

"Semua pihak telah ikut serta memastikan berjalan kondusifnya hajatan besar ini. Saya melihat pengelolaan yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik. Semoga tahun-tahun ke depan prestasi tahun ini bisa dipertahankan mengingat setiap tahun jumlah pemudik terus membludak," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (9/5/2022).

Plt Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu ini juga memberikan apresiasi lancarnya pergerakan armada angkutan umum baik darat, laut, udara dalam keadaan laik digunakan sebagai moda angkutan arus mudik dan arus balik sehingga tidak ada musibah besar yang menelan banyak korban jiwa.

"Saat menjelang akhir arus balik memang ada info musibah warga yang tertimpa pohon yang mengakibatkan hingga meninggal dunia. Hal yang seperti ini sulit untuk diprediksi mengingat pemicunya adalah badai, namun ke depan ini bisa jadi bahan evaluasi. Pohon yang relatif telah berusia hendaknya dipangkas," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menambahkan, meski ia belum melihat secara pasti namun ia menilai angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada arus mudik tahun ini tidak setinggi angka statistik tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah sekarang sudah ada jalan tol. Yang terpenting adalah ketertiban pengendara. Para petugas tampak siaga di titik-titik yang berpotensi mengalami kemacetan sehingga tetap kondusif. Berbagai langkah antisipasi yang diperlukan nampak cukup baik," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu ini juga memberikan apresiasi kepada Kepolisian Daerah Bengkulu yang bersedia memberikan pengawalan untuk warga yang ingin melintas di jalur rawan kejahatan pada malam hari.

"Pemerintah daerah cukup sigap menyiapkan berbagai keperluan seperti alat berat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam lalu lintas mudik tahun 2022 ini. Semoga capaian-capaian positif dalam arus mudik tahun ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]