Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Harga Komoditas Kelapa Sawit Naik


Pedomanbengkulu.com, Seluma - Komoditas andalan Kabupaten Seluma mengalami kenaikan harga memasuki akhir Februari 2022. Saat ini harga kelapa sawit perkilogramnya sudah mencapai Rp. 3100, naik dari dua pekan sebelumnya. Kenaikan harga ini disampaikan salah satu petani sawit, asal desa Air Kemuning kecamatan Sukaraja, Anjas, saat ditemui di tempat pemasok kelapa sawit di jalan raya Bengkulu-Manna, desa Jenggalu kecamatan Sukaraja, selasa (22/2/2022).

"Kalau sekarang harganya sudah Rp. 3100, sedangkan dua pekan lalu saya jual seharga Rp. 2500, memang cukup besar naiknnya," ujar Anjas.

Meski harga sawit naik, diakui Anjas saat biaya perawatan pertanian sawit belum sebanding dengan harga jual. Pasalnya harga kebutuhan seperti pupuk dan racun masih berada di harga tinggi. 

"Racun sebelumnya sekitar lima puluh ribuan sekarang sudah seratus ribu, dan itu tidak pernah turun harganya sejak awal pandemi," jelasnya.

Adapun para petani di Seluma biasanya menjual kelapa sawit ke tengkulak (tauke) ataupun langsung menjual ke pemasok (ram). Kelapa sawit tersebut kemudian disalurkan ke pabrik yang ada di Seluma.

"Kalau saya sebelumnya jual ke tengkulak, sekarang saya jual ke ram (pemasok), karena sudah punya kendaraan pengangkut sendiri," jelasnya.

Kelapa sawit asal Seluma yang diolah di pabrik kemudian menjadi minyak CPO, dan selanjutnya dikirim ke luar Provinsi Bengkulu. Hampir sebagian besar masyarakat di Seluma menggantungkan hidupnya dengan berkebun kelapa sawit. (IT2006)