Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sukses Luluskan 16 Doktor, Program Pascasarjana UINFAS Bengkulu Kembali Terima Mahasiswa Baru

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sukses meluluskan sebanyak 16 doktor di tahun 2021, kali ini (2022) Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Fatmawati  Sukarno (UINFAS) Bengkulu kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru semester genap dari tanggal 21 Januari hingga 5 Februari 2022 mendatang.

Ketua Prodi PAI S3 UINFAS Bengkulu, Dr.Qolbi Khoiri, M.Pd mengungkapkan bahwa, pihaknya menargetkan untuk menerima sebanyak 15 mahasiswa atau 1 kelas pada semester genap tahun 2022 ini.

“Program Doktor UINFAS Bengkulu ini sudah didirikan sejak tahun ajaran 2017-2018 dan alhamdulillah telah berhasil meluluskan sebanyak 16 Doktor. Untuk tahun ini kita membuka penerimaan mahasiswa baru semester genap dan menargetkan sebanyak 15 mahasiswa,” kata Dr. Qolbi, Senin (31/1).

Dirinya mengatakan, untuk dosen Program Doktor sendiri memiliki 5 dosen tetap yang terdiri dari 3 guru besar dan 2 doktor. Sedangkan jumlah seluruh mahasiswa S3 sekarang jika dijumlahkan 5 angkatan kurang lebih 100 mahasiswa.

“Untuk Program S3 sendiri itu memiliki tenaga pengajar sebanyak 5 dosen yang terdiri dari 3 guru besar yaitu Prof. Dr. Sirajuddin, M, M.Ag, M, Prof. Dr. Rohimin, M.Ag, dan Prof. Dr. Zulkarnain Dali, M.Pd serta 2 Doktor yaitu Dr. H. Zulkarnain S, M.Ag dan Dr. H. Mawardi lubis, M.Pd,” ujarnya.

Adapun syarat untuk mendaftar di program tersebut harus memiliki ijazah S1 dan S2 dari perguruan tinggi terakreditasi kemudian melampirkan rekomendasi dari dua dosennya, baik dari internal kampus maupun ekstra kampus minimal bergelar doktor.

“Iya sekarang kita sedang membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S3 atau Doktor, dengan syarat tentunya harus melampirkan  ijazah S1 dan S2 dari perguruan tinggi terakreditasi,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa pendaftaran tersebut secara online di Http://Siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb sama seperti S2 secara serentak dan bersifat lokal. Berbeda dengan program S1 yang jalur masuknya itu ada dari SPAN PTKIN, UMPTKIN dan lain sebagainya. Biaya pendaftaran atau registrasi sebesar Rp.750 ribu rupiah dan untuk spp nya sendiri itu sebesar Rp. 6 juta.

“Daftarnya itu sama seperti S2 di Http://Siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb, dan untuk biaya nya itu sendiri sebesar Rp.750 ribu rupiah untuk registrasi dan Rp.6 juta rupiah untuk biaya SPP,” ujarnya.

Untuk pembayaran registrasi sampai tanggal 5 Februari sedangkan seleksinya dari tanggal 9 sampai dengan 10 Februari, setelah itu pengumuman pada tanggal 15 Februari dan memulai perkuliahan itu di bulan maret untuk semester genap.

Qolbi juga mengatakan bahwa sekarang program studi S3 itu hanya PAI, akan tetapi di usahakan segera untuk menyusul yaitu ada Studi Islam dengan empat konsentrasi yaitu Syari’ah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi, Akidah dan Filsafat serta manajemen dan ekonomi islam. “Kemudian untuk seleksi masuk sendiri ada tes tertulis bahasa arab dan bahasa inggris, tes potensi akademik, serta mempersiapkan rancangan draft desertasi,” jelasnya.[ADV]