Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Paripurna RAPBD 2022, Wakil Walikota Bengkulu Pastikan Program Prioritas ‘Aman’


PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi menyampaikan nota pengantar wali kota tentang rancangan peraturan daerah APBD tahun 2022 dalam rapat paripurna di DPRD Kota Bengkulu, Senin (15/11/2021).

Secara umum, Dedy menyampaikan bahwa anggaran belanja pada APBD 2022 tetap atau tidak mengalami perubahan, baik penurunan atau kenaikan yang signifikan. Hanya saja dari sisi pendapatan memang mengalami sedikit penurunan.

Namun demikian, Pemda, kata Dedy selaku pihak eksekutif akan tetap memprioritaskan program-program yang sifatnya urgen. Program prioritas itu seperti anggaran penanganan banjir dan pembangunan infrastruktur dasar.

Yang pasti sejak COVID-19 ini memang terjadi penurunan pendapatan daerah. Oleh karena itu akan ada evaluasi program pembangunan.

"Tetapi program-program prioritas tidak akan kita coret seperti penanganan dampak banjir, pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan drainase tetap kita lanjutkan,” ujar Dedy saat diwawancarai usai paripurna.

Dedy melanjutkan, Pemkot Bengkulu akan manfaatkan APBD sesuai dengan program RPJMD serta visi misi wali kota dan wakil wali kota sehingga tujuannya adalah membahagiakan masyarakat.

“Secara umum saya sampaikan di paripurna tadi belanja kita tetap, pendapatan ada penurunan tapi tidak terlalu besar,” tutur Dedy.

Saat membacakan nota pengantar wali kota, Dedy menyebutkan bahwa dari sisi pendapatan, rencana pendapatan sebesar Rp1,1 triliun lebih. Struktur pendapatan meliputi PAD sebesar Rp238 miliar, dari transfer  daerah sebesar Rp900 miliar dan lainnya.

Sedangkan untuk rencana belanja daerah sebesar Rp1,09 triliun lebih meliputi belanja pegawai Rp508 miliar lebih, belanja barang dan jasa Rp318 miliar lebih, belanja hibah Rp20 miliar, belanja modal Rp157 miliar, Belanja tak terduga diasumsikan Rp1 miliar lebih dan lainnya.[ADV]