Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gelato The Gardania Resto, Cita Rasa Kelezatan Ice Cream Khas Italia



Bagi para penggemar ice cream, tentu sudah tidak asing lagi dengan gelato. Ya, kudapan khas Italia yang dibuat dengan susu, krim, gula, dan dicampur olahan berbagai jenis buah segar ini memang sangat mirip dengan ice cream.

Bila Anda merupakan penggemar gelato, tak perlu jauh-jauh ke negeri Spaghetti tersebut. Sebab, di Bengkulu, The Gardenia Resto menyajikannya dalam rasa yang lezat dan nikmat.

Ada 10 varian rasa gelato yang bisa dinikmati di The Gardania Resto. Gelato dan bakso merupakan menu unggulan di restoran yang terletak di Jalan Kebun Veteran Nomor 2 Nusa Indah Kota Bengkulu itu.

"Nikmati sajian lezatnya gelato dengan harga dimulai Rp 15.000 untuk per skubnya," kata Devi, pengelola The Gardenia Resto.

Gelato memiliki tekstur yang lebih lembut bila dibandingkan dengan ice cream biasa. Berasal dari kata Latin gelātus yang berarti beku, gelato kini menjelma menjadi salah satu panganan yang digemari orang di seluruh dunia.

Gelato memiliki standar khusus dalam proses pembuatannya agar cita rasanya tetap terjaga. Menurut peraturan, gelato di Italia harus memiliki setidaknya 3,5 persen lemak susu dengan kandungan gula yang diimbangi kadar air tertentu untuk mencegah pembekuan gelato. Gelato sangat lembut dan tidak beku.

Berbagai bahan lainnya seperti campuran jenis gula, kuning telur, dan kacang-kacangan juga memiliki standar khusus agar tercipta cita rasa gelato khas Italia yang berbeda dengan gelato di negara-negara lain di dunia.

Gelato awalnya dikenal sebagai makanan penutup yang biasa dinikmati oleh kaum bangsawan di Sisilia, Romawi dan Mesir yang terbuat dari campuran es. Kemudian, makanan penutup ini muncul sebagai menu favorit dalam jamuan makan di Istana Medici di Florence.

Seorang koki asal Florence bernama Bernardo Buontalenti, disebut-sebut telah menemukan es krim dengan teknik pendinginan inovatif dan modern untuk permaisuri Catherine de’ Medici di tahun 1565.

Sejak saat itu, gelato terus dikembangkan aneka rasa dan bahan campuran dalam proses pembuatannya hingga diekspor ke luar Italia. Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 5.000 gelaterie atau restoran gelato di seluruh Italia, serta 15.000 gelatai atau toko gelato di seluruh dunia. [Nurhas]