Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Puncak Arus Balik ke Bengkulu Diprediksi Mulai Sabtu

BENGKULU, PB - Pemudik yang kembali ke Bengkulu diprediksi mencapai puncaknya pada hari Sabtu (30/6) mendatang. Sebab, pada Senin (3/7), Sejumlah pekereja seperti PNS dan swasta sudah aktif bekerja seperti biasa stelah libur panjang lebaran 2017.

Sejak H+3 lebaran Idul Fitri 1438 H, diperkirakan ada sekitar 3.500 orang pemudik tiba di Bengkulu.

Para pemudik dari berbagai kota di Jawa dan Sumatera kembali ke Bengkulu, setelah berlebaran di kampung halaman masing-masing, sebagian besar menggunakan bus angkutan umum dan kendaraan pribadi.

Sebagian lagi tiba di Bengkulu menggunakan transportasi pesawat udara. Dari pantuan di sejumlah loket bus AKAP di Bengkulu, Rabu (28/6) pagi, terlihat bus AKAP dari Pulau Jawa yang tiba di Bengkulu, pada H+3 Lebaran dipenuhi penumpang arus balik.

Demikian pula sebaliknya para pemudik dari Bengkulu yang akan kembali ke daerah asalnya di Jawa dan beberapa kota di Sumatera juga memadati terminal dan loket bus AKAP yang ada di daerah ini.

"Kita perkirakan pemudik dari beberapa kota dai Jawa dan Sumatera yang tiba di Bengkulu, setelah berlebaran di kampung halamanya mencapai sekitar 3.500 orang. Asumsi ini didasarkan seluruh bus AKAP dari Jawa dan kota di Sumatera tiba di Bengkulu dipenuhi penumpang balik Lebaran," kata Askandi, salah seorang petugas operator bus AKAP di Bengkulu, Rabu.

Demikian pula seluruh maskapai yang tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu, dari Jakarta dipadati penumpang arus balik Lebaran dari berbagai daerah di Tanah Air. Hal yang sama juga terjadi penumpang yang berangkat dari Bengkulu tujuan ke Jakarta juga ramai.

Diperkirakan arus balik penumpang Lebaran yang tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu pada H+3 lebaran di atas 2.000 orang. Sedangkan yang berangkat dari Bengkulu tujuan ke berbagai kota di Tanah Air juga mencapai di atas 1.500 orang.

"Sejak Selasa (27/6) hingga hari ini arus penumpang pesawat udara di Bengkulu, terus meningkat dan ini akan terlangsung pada H+5 Lebaran, karena Senin mereka sudah aktif bekerja seperti biasa," kata salah seorang petugas Bandara Fatmawati Bengkulu.

Ia mengatakan, seluruh penumpang balik Lebaran dari Bengkulu tujuan ke beberapa kota di Tanah Air dapat terangkut dengan baik oleh maskapai yang ada.

Demikian sebaliknya pemudik balik Lebaran yang akan kembali ke Bengkulu, dapat terangkut dengan baik oleh beberapa maskapai yang membuka rute penerbangan ke daerah ini, seperti Lion Air, Garuda, Sriwijaya Air, Batik Air dan maskapai lainnya.

Hal tersebut diakui Kepala Dishub Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko. Ia mengatakan, angkutan Lebaran tahun 2017 baik melalui darat dan udara berjalan lancar, aman, dan sukses.

Hal ini terjadi karena persiapan angkutan Lebaran 2017, telah dipersiapkan dengan baik oleh seluruh instansi terkait, khususnya para pengusaha bus AKAP dan AKDP yang ada di daerah ini.

"Bus angkutan mudik Lebaran yang kita siapkan sebanyak 200 unit dapat melayani para pemudik dengan baik. Demikian pula maskapai yang ada dapat mengangkut pemudik dengan baik dan lancar," ujarnya. [AM]