Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lewat Pupuk Jakos, SMA Tenera Ajarkan Siswa Kreatif dan Peduli Lingkungan

BENGKULU UTARA, PB - Pupuk merupakan sebuah kepentingan untuk tanaman sebagai sebuah perawatan agar tanaman dapat tumbuh dan memiliki hasil dengan baik. Pupuk organik Janjang Kosong atau yg biasa dikenal dengan Jakos, adalah salah satu jenis pupuk yang alami sebagai media tanam.

Jakos merupakan sebuah tandan dari buah sawit yang sudah dilakukan proses perebusan. Awalnya buah sawit diambil dan digunakan untuk membuat minyak goreng. Setelah buah sawit direbus dan terlepas dari tandannya, maka Jakos di sisihkan dan didinginkan lalu digunakan sebagai pupuk untuk pohon sawit itu sendiri.

SMA Tenera menggunakan Jakos ini untuk mengajarkan kreatifitas dan semangat peduli lingkungan di kalangan siswa mereka. Sebab, sayuran seperti sawi, seledri, daun bawang dan cabe dapat tumbuh subur dengan baik dengan media Jakos ini.

Kepala Sekolah SMA Tenera Mulyanto mengatakan, pupuk jakos merupakan pupuk yang alami tanpa efek samping bagi kesehatan ketika dikonsumsi. Selain Jakos, pihaknya juga kerap mengunakan barang-barang bekas yang dapat digunakan kembali dan di manfaatkan.

"Tidak butuh biaya besar untuk membuat media tanam yang baik," kata Mulyanto, Sabtu (22/4/2017). [NS]